Wisata Kuliner Sembari Berburu Peluang Bisnis

MALANG - Festival Franchise and Kuliner Expo 2014 yang berlangsung di Lantai 3 MX Mall terus menyedot perhatian pengunjung. Salah satu bisnis franchise pun, yakni Cincau Charity Indonesia optimis menggapai 15 franchiser selama pameran.
Owner Cincau Charity Indonesia, Adit Rea yakin bisa mendapatkan franchiser baru menembus dua digit dalam pameran yang berlangsung selama empat hari ini. "Bila dilihat dari antusiasme di hari pertama, saya yakin angka 15 ini gampang untuk dicapai," yakinnya.
Pasalnya, di hari pertama kemarin, Cincau Charity yang menawarkan franchise minuman cincau dengan konsep menarik, telah menggoda pengunjung. "Banyak yang tertarik jadi franchiser, tetapi yang tampak intens dan serius ada delapan orang," ujar dia ditemui di pameran.
Menurut Adit, konsep franchisenya membuat pemilik bisa menyumbangkan 5 persen dari profit untuk kegiatan kemanusiaan.
"Tetapi tidak memaksa untuk itu. Mau 5 persen atau 10 persen terserah pemiliknya. Bahkan, jika ingin menyumbangkan secara personal juga tidak masalah. Yang jelas kami sudah beri edukasi di awal, mengenai cara bisnis dan ingat surga dari keuntungannya. Makanya, menu berupa minuman surga," papar dia panjang lebar.
Pria yang berprofesi sebagai disk jokey (DJ) ini mengakui, saat ini sudah ada 10 franchiser yang tersebar di seluruh Indonesia. Misalnya di Berau, Kediri, Jombang dan Samarinda. Sebab, promosi sudah intens diluncurkan, baik secara langsung via pameran maupun melalui jejaring sosial.
Menurut Adit, untuk menjadi mitra, bisa memilih antara paket gold atau paket platinum. Harganya relatif terjangkau, Rp 10 juta untuk memiliki satu rombong dari paket gold. "Harga untuk wilayah Jawa, dan sistemnya sudah beli putus, tidak ada royalti lagi yang dibayarkan pada kami. Hanya nanti jika bahannya habis, seperti bubuk susu dan packaging, tetap beli di kami," urainya kepada Malang Post.
Pria asal Balikpapan ini menambahkan, untuk paket platinum harganya dipatok Rp 18 juta dan mendapat rombong menarik berbentuk seperti gelas cincau. Khusus selama pameran, lima franchiser beruntung akan mendapatkan potongan sebesar Rp 2 juta. "Makin murah saja bila dapat diskon," tutupnya.
Sementara itu, Direktur Bumi Langit Organizer, Yoyon Enindyo menuturkan, bila Franchise and Kuliner Expo 2014 mendapat sambutan antusias dari pengunjung. Sebagai bukti, di hari pertama ekspo, yakni Sabtu (24/5), acara tersebut dikunjungi sekitar 1000 orang.
"Lumayan ramai, di hari pertama ada 1000 orang lebih hadir. Mereka terlihat berinteraksi dengan peserta pameran, mengumpulkan brosur dan mengikuti rangkaian acara dari panitia," papar dia panjang lebar.
Di hari kedua pun antusiasme tetap sama. Apalagi, bertepatan dengan hari libur, membuat acara yang menawarkan berbagai pilihan kuliner ini menarik minat anak sekolah. Mereka tampak mengikuti talkshow yang digelar oleh Bumi Langit.
Hari ini, acara yang berlangsung selama empat hari ini masih siap memberikan kejutan. Salah satunya stand up comedy. "Ada penampilan Stand Up Comedy Malang, selain itu masih ada talkshow juga," tambah Yoyon.(ley/fia)