Sampoerna Selesaikan Pesangon Karyawan

Pemerintah mengirimkan tim untuk menyelesaikan persoalan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh pabrik rokok PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) di Jawa Timur beberapa waktu lalu. Tim tersebut sudah melaporkan hasil kunjungannya ke Menteri Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Menakertrans) Muhaimin Iskandar.
Muhaimin mengatakan, semua persoalan pembayaran pesangon sudah selesai dan mekanisme PHK pun diselesaikan dengan baik.
"Semuanya berjalan baik, proses PHK-nya, pesangonnya sampai hari ini bagus lah," singkat Cak Imin di kantor Kemenakertrans, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (26/5/2014).
Menurut pria yang akrab disapa Cak Imin itu belum ada laporan mengenai perusahaan-perusahaan lain yang melakukan PHK selain Sampoerna, karena pasar sigaret kretek tangan (SKT) menurun."Belum, hanya Sampoerna saja. Kenyataannya seperti itu," tambah dia.
Dia mengakui pasar SKT memang sedang menurun. Saat ditanya mengenai antisipasi pemerintah terkait adanya potensi PHK di industri lain selain Sampoerna, Cak Imim menjawab, asalkan PHK sesuai dengan peraturan yang sudah ada.
"Tentu semua perusahaan harus mewaspadai kecenderungan pasar kretek yang menurun. Dalam konteks itu, harus menyiapkan sistem PHK yang sesuai UU," tutup dia.(dtc/fia)