Bisnis Anti Mahal, Mulai Rp 1 Juta

MALANG - Tidak perlu biaya mahal untuk memulai sebuah bisnis. Hal ini dibuktikan oleh Gramindo Tour and Travel yang memberikan kesempatan bagi calon agen untuk menjadi pengusaha dengan modal awal hanya Rp 1 juta saja.
Marketing PT Graha Mitra Indoraya, Satria Yudha Putra menuturkan, untuk bisa menjadi agen cukup mudah. "Biaya ini tergolong kecil bila prospek ke depannya bagus, dengan memiliki hak akses ke sistem Gramindo," tuturnya.
Menurut dia, Gramindo Tour and Travel memberikan kesempatan, terutama bagi anak muda. Pasalnya, bila membeli paket keagenan yang paling murah tadi, tidak memerlukan lokasi bisnis. "Bisa mahasiswa atau bahkan pelajar. Rp 1 juta masuk dalam paket simple, dan produk penjualan agen seperti tiket pesawat, travel, dan pulsa," beber dia kepada Malang Post.
Satria menyebutkan, untuk produk penjualan yang lebih lengkap, masuk dalam paket keagenan bisnis. Selain tiket pesawat domestik dan internasional, juga bisa menawarkan shuttle airport, travel, rent car, pulsa, PPOB hingga voucher hotel domestik.
"Agen tetap Gramindo. Jadi setiap ada pemesanan tiket pesawat atau voucher hotel, melalui Gramindo yang telah terpercaya hingga di beberapa kota besar di Indonesia," papar dia panjang lebar.
Bila ingin berbisnis dengan wujud outlet, biaya keagenan dipatok Rp 10 juta. Tambahan produk penjualan seperti paket tour domestik dan internasional, paket umroh, tiket kereta api, kapal laut, bus malam, dan bus pariwisata.
Menurut Satria, masih ada tambahan fasilitas seperti pengembangan mitra dan materi promo. "Biaya semua tadi untuk kerjasama seumur hidup," tegasnya.
Dia menuturkan, bila enggan menggunakan sistem untuk keperluan bisnis, bisa digunakan untuk pribadi. Sebab, dengan begitu untuk pembelian harga tiket pesawat sebagai contoh, harga lebih terjangkau. "Akses bisa melalui handphone, tablet, iPad, laptop atau personal computer," imbuhnya.
Satria mengatakan, saat ini, ada 55 agen Gramindo di seluruh Indonesia. Kantor pusat bisnis ini berada di Malang, tepatnya di Mutiara Jingga Residence. (ley/fia)