Piala Dunia Angkat Sales Elektronik

MALANG – Memasuki bulan terakhir semester pertama tahun 2014, penjualan barang elektronik di Kota Malang mulai membaik. Terdapat kenaikan sales meskipun tipis, di kisaran 10 hingga 20 persen.
Store Manager Plaza Elektronik Malang, Pao Sugiyanto mengungkapkan, ketimbang bulan sebelumnya, pada Mei lalu sudah terlihat peningkatan. “Maret-April lalu sangat sepi. Bila dibanding April, kuantitas sales meningkat sekitar 15 persen,” ungkapnya.
Akan tetapi, bila perbandingannya dengan periode yang sama 2013 lalu, hanya ada peningkatan 5 persen. Kenaikan tipis itu diperoleh dari perubahan harga barang elektronik. “Beberapa barang elektronik harganya naik sejak April lalu, seiring dengan pelemahan Rupiah,” beber pria yang akrab disapa Sugik ini.
Menurutnya, trend penjualan elektronik di tahun ini memang kurang begitu bergairah. Sehingga, ketika ada peningkatan 10 persen terasa sudah maksimal. “Grafik sales paling bagus di bulan Januari, dan sepi hingga April. Mei ini baru membaik, apalagi sejak pertengahan bulan,” paparnya kepada Malang Post.
Dia menyebutkan, elektronik jenis pendingin paling mendominasi, seperti air conditioner (AC), dan lemari es. Produk lain yang penjualannya cukup tinggi adalah mesin cuci. Ketiga barang tersebut memberi sumbangsih sekitar 60 persen, dan diikuti oleh LED TV sebesar 15 persen.
Terpisah, Manager Divisi Elektronik Hypermart Malang, Rajabuel Arief menuturkan, kondisi yang sama juga terjadi di Hypermart sejak April lalu. “Sejak dua bulan lalu sudah mulai ada peningkatan, walaupun tidak besar,” tuturnya.
Menurut dia, Mei lalu sales bertumbuh 20 persen ketimbang April. Sementara, ketimbang periode yang sama 2013, pertumbuhan sebesar 10 persen. “Peningkatannya belum maksimal seperti target Hypermart sebesar 20 persen ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya,” papar Arief panjang lebar.
Dia mengakui, jika membaiknya sales elektronik ini dipengaruhi dengan semakin dekatnya momen Piala Dunia. Hal ini dibuktikan pula dengan penjualan LED TV dan kategori audio yang mendominasi penjualan sebulan terakhir. (ley/fia)