Okupansi Hotel Melesat di Bulan Juni

MALANG – Bisnis wisata sektor perhotelan siap menerima masa panen tamu di bulan Juni ini. Alasannya, selain mulai pertengahan bulan sudah memasuki liburan sekolah, di minggu kedua bulan ini juga tengah berlangsung even skala nasional yakni Penas Petani Nelayan XIV 2014.
Sales Manager Savana Hotel and Convention Malang, Dewi Melani mengungkapkan, jika hotelnya sudah mulai membaik okupansinya sejak bulan Mei. “Bulan lalu sudah meraih 65 persen, lebih baik daripada bulan April,” ungkapnya.
Menurut dia, masa liburan sekolah, khususnya pelajar yang telah mengikuti Ujian Nasional menjadi salah satu penyebab membaiknya okupansi. Trend tersebut, diprediksi terus berlangsung hingga Juni ini. Bahkan, Melani meyakini okupansi bisa di angka 80 persen. “Bisa jadi lebih. Tetapi, masa liburan untuk bulan Juni tidak bisa menjadi patokan, karena demand pasti tinggi,” ujar dia kepada Malang Post.
Selain itu, adanya Penas Petani Nelayan XIV 2014 di Kabupaten Malang juga turut andil dalam peningkatan okupansi. Saat momen yang berlangsung antara 7-12 Juni tersebut, Savana sudah fully booked dan lebih dari 70 persen merupakan peserta Penas.
Terpisah, Marketing Communication Manager Harris Hotel and Convention, Nicky Olivia menyebutkan, jika hotelnya juga mengalami trend peningkatan okupansi. Raihan Mei lalu, Harris mencatatkan okupansi sebesar 83 persen, jauh melesat ketimbang April yang hanya mencapai 62 persen.
Begitu pula di bulan Juni ini, maintenance okupansi berada pada angka 70 persen. Antara tanggal 6-12 Juni, hanya dua hari saja hotel tersebut yang belum terisi penuh. “Tersisa 20 persen untuk tanggal 9-11 Juni,” tegas dia.
Nicky optimis, trend positif ini akan melambungkan okupansi Harris di atas 85 persen di bulan Juni. Angka ini juga akan berlaku untuk bisnis perhotelan di Kota Malang. “Okupansi Kota Malang Mei lalu juga sudah meningkat di angka 60 persen. Juni ini dipastikan di kisaran 75 persen,” tambahnya.
Beberapa waktu lalu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Malang, Herman Soemarjono menuturkan, sudah bisa dipastikan bila pada masa Penas hotel penuh. Pasalnya, peserta acara yang akan berpusat di Stadion Kanjuruhan Kepanjen ini diprediksi menghadirkan 60 ribu peserta.
“Tidak hanya Jawa Timur tetapi seluruh Indonesia. Pastinya, untuk Kota Malang akan penuh kamar hotelnya. Kamarnya kan 3000an saja dan bisa mengangkat okupansi rate mencapai 70 persen,” terangnya.
Sementara itu, General Manager Swiss-belinn Malang, Gunawan TD Putra mengatakan, selain Penas Petani Nelayan XIV, faktor liburan sekolah juga berdampak positif terhadap penambahan okupansi hotel.
“Kunjungan wisatawan asing juga cukup banyak di bulan ini. biasanya mereka long stay untuk liburan di Malang,” ungkapnya disela kegiatan Media Gathering yang digelar kemarin (3/6). (ley/fia)