Stationary Jadi Andalan Jelang TAB

MALANG – Jelang tahun ajaran baru (TAB), store yang menyediakan perlengkapan sekolah mulai menggelontorkan promo Back To School. Peningkatan penjualan pun optimis tergapai sebab permintaan seperti buku tulis, tas sekolah hingga seragam sangat tinggi.
Supervisor Ramayana Department Store Malang, Ardianto Kurniawan menuturkan, bila promo TAB sudah berlangsung sejak awal Mei lalu. “Sejak bulan Mei, promo BTS sudah kami berikan pada pelanggan setia Ramayana,” tuturnya.
Menurut dia, antara Mei hingga Juli, stok atau inventory produk BTS yang meliputi buku tulis, stationery, seragam, tas hingga sepatu meningkat tiga kali lipat ketimbang stok ideal di bulan normal. Sebab, target pendapatan dari sektor ini dua kali lipat lebih tinggi daripada bulan normal selama 2014
“Dari hasil di tahun lalu, Ramayana meyakini omzet saat BTS ini bisa meningkat 20 persen. Acuannya juga tahun lalu dibanding tahun sebelumnya,” beber dia kepada Malang Post.
Produk buku tulis dan alat tulis merupakan paling tinggi angka penjualannya, mencapai 50 persen dari keseluruhan omzet produk BTS. Setelah itu tas, sepatu dan seragam. “Bila acuannya bulan sebelumnya, maka peningkatan produk BTS sebesar 20 persen,” tambah pria yang akrab disapa Ardi ini.
Sementara itu, Operasional Manager Toko Buku Siswa Malang, Aris Kurniawan menuturkan, bila tahun ini target pertumbuhan lebih kecil. “Bila tahun lalu saat BTS kami yakin tumbuh 50 persen, tahun ini di kisaran 30 persen saja,” ujarnya.
Salah satu alasan dari turunnya target tersebut yakni untuk pendapatan book shop lebih kecil. Malahan, dia meyakini tidak bisa menggapai omzet tahun lalu. “Tahun ini untuk buku kurikulum penunjang kan belum jelas,” terang dia.
Dia menyebutkan, bila di tahun-tahun sebelumnya, dua atau tiga bulan sebelum TAB, sekolah sudah memesan buku pelajaran. Berbeda dengan sekarang, sekolah masih belum mengetahui buku apa, begitu pula penerbit, belum berani memaksimalkan cetakan produksinya.
“Dari book shop di lantai 2 saja bisa turun di atas 40 persen. Untuk itulah, pertumbuhan tahun ini juga tidak kami patok terlalu tinggi. Jadi kami mengandalkan stationery untuk penjualan,” tukasnya. (ley/fia)