Peserta Penas Serbu Mall

MALANG – Helatan Penas Petani Nelayan XIV di Kabupaten Malang membawa dampak pada hampir semua sektor bisnis di Malang Raya. Tidak terkecuali bisnis fashion, yang mulai dibanjiri oleh peserta Penas beberapa hari terakhir dan membuat omzet tercatat meningkat.
 
Salah satunya pameran fashion yang berlangsung di Grand Hall Malang Town Square (Matos). Peserta mengakui peningkatan yang cukup signifikan.
“Iya, bila dibanding dengan pameran sebelumnya, omzet harian terasa meningkat dalam lima hari terakhir,” ujar Owner Lia Collection, Lia Indrawati.
 
Menurut dia, efek even Penas memang terasa. Terutama ketika sore hingga malam hari, yang mana peserta Penas yang tinggal di Kota Malang mulai berjalan-jalan di pusat perbelanjaan. “Sempat ngobrol dengan customer yang ternyata peserta Penas. Mereka memanfaatkan untuk berbelanja,” terang dia.
 
Normalnya, ketika tidak ada Penas atau libur hari besar, penjualan maksimal saat pameran sebesar 15 pieces. Tetapi, saat akhir pekan lalu bisa mencapai tiga kali lipat jumlah item yang terjual. Sementara saat weekday, di atas 20 pieces per hari pasti terjual.
 
“Pengunjung juga terlihat berbeda kok, dia asli Malang, sudah lama di Malang atau baru. Apalagi, peserta Penas ini rata-rata ketika berkunjung juga masih memakai identitas peserta seperti baju Penas,” papar Lia panjang lebar.

Sementara itu, Ina Garlina dari In Art Bandung yang juga peserta pameran mengakui, jika omzet harian di stand-nya meningkat sekitar 30 persen. Jumlah tersebut secara total, baik akhir pekan maupun tidak. Dia meyakini, ketika akhir pekan lalu omzetnya juga jauh lebih tinggi.
 
“Memang momennya pas. Selain koleksi fashion terbaru dan lengkap, kunjungan yang meningkat berpengaruh pada omzet,” tegas Ina. (ley/oci)