Setelah Malang, Tata Targetkan Buka 20 Diler 3S

PT Tata Motor Distribusi Indonesia (TMDI) menargetkan membuka 20 diler di Indonesia, menyusul dioperasikannya diler 3S (Sales, Service, Spareparts) di Malang. Setelah Malang akan dibuka diler di Purwokerto, Pekanbaru Riau dan Serpong Tangerang.
“Jatim pangsa pasar penting bagi Tata Motor. Setelah Surabaya, kami pastikan Malang sebagai salah satu contributor pertumbuhan ekonomi Jatim,” ujar Biswadev Sengupta, Presdir TMDI kepada Malang Post, akhir pekan kemarin.
Dikatakan dia, sekarang ini, TMDI produsen mobil merk Tata baru memiliki enam diler 3S di Indonesia. Diantaranya dua diler di Jakarta, dua diler di Jatim (Surabaya dan Malang), satu diler di Solo dan satu diler lagi di Cikarang, Jabar.
Khusus diler 3S Tata Motors di Malang akan beroperasi di bawah manajemen PT Pro Motor Aga Perdana (Tata Perdana). Tokoh atau operator Tata di Malang dipercayakan kepada Suwito Widjaja, yang selama ini namanya sudah cukup dikenal di industri otomotif di Malang.
“Kota Malang dan sekitarnya banyak terdapat pengusaha besar yang menjadi target segmen Tata Motor. Kami yakin Tata Perdana akan member kontribusi signifikan terhadap penjualan produk kami,” ujar Biswadev meyakinkan.
Sementara itu dari data yang dihimpun MP menunjukkan, Tata Motor adalah perusahaan mobil terbesar di India. Pada tahun 2012-2013 perusahaan ini meraup pendapatan konsolidasi US 34,7 miliar melalui Tata Motors di Inggris, Korea Selatan, Thailand, Afrika Selatan dan Indonesia.
Dalam membesarkan usahanya, Tata Motor telah menggandeng nama besar produsen otomotif terkenal, diantaranya Jaguar Land Rover.
“Perusahaan itu menyandang merek mobil paling terkenal di Inggris. Tata Motors juga memiliki perusahaan patungan dengan Fiat di India. Lebih dari 8 juta kendaraan Tata Motors telah tersebar di seluruh dunia,” jelasnya.
Ditambahkan dia, Tata Motors adalah produsen truk terbesar ke lima di dunia dan produsen bus terbesar ke empat di dunia. Sekaligus menempatkan Tata Motor sebagai produsen kendaraan penumpang terbesar India. “Mobil Tata, bus dan truk telah dipasarkan di berbagai negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, Amerika Selatan, CIS dan Rusia,” pungkasnya sembari menyebutkan Tata Motor di Malang ada di Jl Raya Panji Suroso No. 15, Malang. (has/nda)