Jelang Ramadan, Bahan Pokok Melejit

MALANG - Harga beberapa kebutuhan pokok di pasaran masih belum stabil. Baik pasar tradisional maupun pasar modern, trend harga naik masih terus terjadi.
Di Pasar Besar Malang sebagai contoh. Setelah sempat stabil sepekan lebih, harga bawang merah tercatat mulai merangkak lagi tengah pekan kemarin. "Harganya sekarang sudah Rp 24 ribu hingga Rp 25 ribu per kilogram," ujar salah satu pedagang, Ida.
Dia mengakui, harga bawang merah telah mengalami kenaikan beberapa waktu lalu. Terakhir, sebelum kembali naik harga bawang merah di kisaran Rp 20 ribu per kilogram. Naiknya harga bawang merah ini karena suplai di tengkulak sudah mulai berkurang. "Terutama untuk pemasaran di Malang Raya. Permintaan keluar kota lebih banyak, sementara panenan di Probolinggo sudah hampir habis," papar dia panjang lebar.
Perubahan harga juga terjadi pada bawang putih. Di tempat yang sama, harganya kini sudah mencapai Rp 15 ribu per kilogram. Meskipun naik antara Rp 2000-Rp 3000 per kilogram, potensi naik masih terus terjadi.
Sementara, untuk harga cabe rawit masih pada posisi Rp 9000 per kilogram dan harga cabe merah besar Rp 12 ribu per kiloram. "Yang lain masih cenderung stabil. Tetapi, harga telur ayam ras juga naik, jadi Rp 17,5 ribu per kilogram," imbuh perempuan berkerudung ini.
Terpisah, Manager Divisi Fresh Product Hypermart Malang, Budi Errianto mengakui, di Hypermart juga mulai mengalami kenaikan beberapa kebutuhan pokok dan bumbu dapur.
"Ya, sudah mulai naik bulan ini. Seperti bawang merah yang sudah menembus Rp 28,9 ribu per kilogram," urainya.
Sebelumnya, harga bawang merah dipatok Rp 21,9 ribu per kilogram. Sementara, untuk harga bawang putih, juga sudah mengalami perubahan menjadi Rp 15,8 ribu per kilogram. "Biasa, jelang Ramadan permintaan mulai tinggi. Ini masih bisa naik lagi," ujar pria yang akrab disapa Didik ini. (ley/nda)