Bulog Mulai Operasi Pasar

MALANG - Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional (Bulog Sub Divre) VII Jawa Timur (Bulog Malang) bersiap untuk melakukan operasi pasar akhir pekan nanti. Minimal akan ada 10 titik dimana Bulog akan menyediakan beberapa kebutuhan pokok yang paling dibutuhkan masyarakat menjelang Ramadan dan lebaran.
"Kebutuhan logistik pasti meningkat. Jika di bawah Bulog Malang ini ada lima kabupaten dan kota, setiap wilayah tersebut ada di dua pasar. Tetapi bisa lebih dari itu," ujar Kepala Bulog Malang.
Menurutnya, jika berkaca pada tahun lalu, operasi pasar bisa digelar dilebih dari 10 titik. Namun, hingga sepekan sebelum kegiatan tersebut dimulai, yakni Minggu (22/6) nanti, masih belum bisa dipastikan lokasi dan jumlah fix Bulog melakukan oeprasi pasar.
"Tahun lalu, Kota Malang saja ada tiga lokasi operasi pasar. Yakni Pasar Besar Malang, Pasar Tawangmangu dan Pasar Dinoyo. Untuk tahun ini, yang hampir pasti baru Pasar Besar," papar dia kepada Malang Post.
Dalam operasi pasar kali ini, Bulog akan membawa beras, minyak goreng, gula dan tepung terigu. Empat kebutuhan tersebut yang sudah disiapkan, dan paling besar pada kebutuhan beras.
"Di tiap pasar akan kami alokasikan 1 ton beras per hari. Jika ada 10 pasar dalam sehari, maka target kami 10 ton beras," paparnya.
Sementara itu, operasi pasar akan digelar dalam kurun waktu 35 hari. Bila dihitung dari tanggal 22 Juni, maka kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 26 Juli 2014 atau dua hari menjelang Idul Fitri.
Selain operasi pasar, bekerjasama dengan pemerintah daerah, Kamis (19/6) nanti Bulog juga mengadakan Pasar Murah di Kecamatan Panarukan, Kepanjen. "Kerjasama dengan Pemkab dan Pemprov, Bulog dapat jatah menyediakan beras dan minyak goreng," pungkas Langgeng. (ley/fia)