Gelontor Rp 6 M, Tunjang Bisnis UMKM di UB

MALANG –  BRI ambil bagian dan mensuport pembangunan gedung perkuliahan 12 lantai Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang diresmikan Senin (16/6/14) lalu.
Gedung yang dibagi menjadi ruang perkuliahan, Klinik Bisnis dan ruang ikatan keluarga alumni ini mendapat bantuan CSR sebesar Rp 6 miliar. Support ini diberikan sebagai bentuk kepedulian BRI terhadap perkembangan dunia usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Kantor Wilayah BRI Malang, Mardiwibawa mengatakan BRI mensupport dana untuk mendorong kemajuan kampus. "Jumlahnya sangat besar, termasuk paling besar yang digelontorkan bagi kampus," katanya.

Sekalipun besar, dia meyakini jika yang diberikan BRI ini berfungsi untuk banyak hal. Baik bagi kampus, warga kampus maupun BRI sendiri. Di dalam gedung tersebut,  terdapat pula BRI KCP Brawijaya. BRI akan menjadikan gedung ini sebagai miniatur perbankan bagi mahasiswa dan berfungsi untuk belajar mengenai perbankan mulai dari analisa kredit hingga elektronic money.

"Tempat ini bagus dan representatif bagi BRI KCP Brawijaya. Mudah terlihat dan nyaman dari pada area bisnis yang lama. Lalu kelengkapan di sekitarnya menjadi nilai lebih. Seperti fasilitas ATM lengkap dan perpustakaan bank," papar dia.

Dia menambahkan, BRI mencoba mendukung program Bank Indonesia untuk meminimalisir transaksi uang tunai, dan beralih ke e-money yang lebih aman. Juga, akses untuk edukasi pada calon nasabah yang tidak bankable lebih gampang dilakukan.

"Bisa berhubungan langsung untuk mendapatkan kredit maupun  mendapatkan bimbingan manajemen agar usahanya bisa berkembang. Selama ini tidak sedikit di antara pelaku UMKM harus terjerat dengan rentenir, karena pengetahuan perbankan yang kurang bagus," tandas alumnus FE UB ini.

Dekan FEB UB Malang, Prof. Chandra Fajri Ananta mengatakan, pengelolaan perguruan tinggi ke depan tidak hanya bergantung pada dana yang berasal dari APBN semata. “Namun perlu melibatkan dana dari masyarakat dalam hal ini alumni maupun kalangan swasta. Dan BRI melalui CSR-nya mampu mensupport pendirian gedung maupun Klinik Bisnis FEB UB,” ujarnya.
Menurut dia, gedung utama ini ditargetkan dapat memacu jiwa bisnis bagi mahasiswa. Terutama, bagi mahasiswa di FEB itu sendiri. Dia menuturkan, fungsi gedung utama ini selain untuk bisnis UMKM juga difungsikan bagi Ikatan Keluarga Alumni. (ley/han)