Bunga KSM BCA Lebih Kompetitif

MALANG – Bank Central Asia (BCA) mulai membidik nasabah menengah ke bawah, untuk semakin memperluas pasar. Salah satunya dengan memfasilitasi nasabah yang membutuhkan kendaraan roda dua melalui Kredit Sepeda Motor (KSM) sejak sembilan bulan terakhir.
Kredit tersebut merupakan program dari lembaga pembiayaan BCA yakni PT Central Santosa (CS) Finance. “Untuk KSM ini baru efektif sembilan bulan memfasilitasi kredit sepeda motor dari nasabah BCA,” ujar Sales Assistant Head KSM BCA, Hendy Puspo Radhito.
Menurut dia, pembiayaan KSM ini dipastikan lebih mudah ketimbang finance lainnya. Selain itu, bunga juga lebih kompetitif di angka 17 persen dan flat selama tiga tahun. Padahal, finance lain bunga di atas 20 persen.
Menurutnya, syarat untuk menikmati fasilitas pembiayaan ini harus menjadi nasabah BCA. Setelah itu, KSM akan membagi dalam tiga kategori calon nasabah yang akan mendapat fasilitas kredit (kreditur) tersebut. Yakni kategori nasabah baru yang kurang dari enam bulan, nasabah BCA di atas enam bulan dan nasabah prioritas dengan dana simpanan di tabungan di atas Rp 500 juta.
“Lamanya nasabah berpengaruh pada proses verifikasi. Bila prioritas, pasti lebih gampang ketimbang yang baru,” paparnya kepada Malang Post, di sela-sela kunjungan Manajemen BCA dan CS Finance di Kantor Malang Post, Selasa (24/6) kemarin.
Hendy menuturkan, untuk bulan ini hingga Agustus mendatang, KSM memiliki program promo memeriahkan Piala Dunia dan Ramadan. Yakni dengan potongan cicilan selama tiga bulan dari tenor kredit, serta potongan dana cicilan sebesar Rp 25 ribu.
“Misalnya tenor kredit 12 bulan, hanya membayar sembilan bulan saja. Bila 36 bulan, tersisa 33 bulan saja. Selain itu, masih ada potongan bulanan. Untuk promo ini berlaku pada tiga brand yakni Honda, Yamaha dan Suzuki,” papar dia panjang lebar.
Saat ini, fasilitas KMB ini berhasil menyalurkan rata-rata 40-50 unit per bulan. Sementara, khusus selama tiga bulan ini targetnya dua kali lebih besar, yakni mencapai 100 unit. “Memang masih baru, butuh pengenalan dan khusus bagi nasabah BCA,” imbuhnya.
Sementara itu, Selasa (24/6) kemarin Kepala Kantor BCA Gatot Subroto Malang, Asni mengunjungi kantor Malang Post. Dia menuturkan, kunjungan ini selain untuk bersilaturahmi juga untuk mengenalkan produk terbaru tersebut.
“Selain menyambung hubungan baik antara BCA dan Malang Post, juga untuk mengenalkan saya yang baru beberapa hari bertugas di BCA Gatot Subroto,” tandas dia.
Dia mengakui, bila ada karyawan Malang Post yang memerlukan kendaraan bermotor, juga kesempatan yang baik mempercayakan pembiayaan kepada BCA. (ley/ary)