Gaya Hidup Dongkrak Penjualan Mobil

MALANG – Penjualan otomotif terlihat mulai mengalami peningkatan memasuki bulan terakhir semester 1 tahun ini. Permintaan kendaraan baru dari customer mulai membanjiri diler di Kota Malang, setelah beberapa bulan sebelumnya mengalami kelesuan. Gaya hidup serba baru pada lebaran, yang mendongkrak penjualan mobil.
Sales Head Nissan Indomobil Malang, Dani Widodo menuturkan, bila Juni ini peminat otomotif lebih besar. “Bulan ini pasti penjualan meningkat, bila dilihat dari antusiasme customer,” tuturnya.
Dia mengakui, salah satu tanda peningkatan bisa dilihat dari berlipatnya surat pengajuan kendaraan (SPK) yang terjadi dalam pameran terakhir yang diikuti oleh Nissan. Menurutnya, ada SPK mencapai 30 unit dan tiga kali lebih banyak ketimbang pameran-pameran sebelumnya.
“Biasanya, dalam 10 hari pameran SPK antara 10-15 unit. Ini mencapai 30 unit, belum lagi SPK yang langsung di diler dan ditangani oleh sales counter,” tandas dia kepada Malang Post.
Dani memprediksi, jika peningkatan tersebut dipengaruhi oleh dua faktor. Yakni produk baru dan juga promosi yang lebih menggoda. Selain itu, faktor kebutuhan untuk lebaran juga tidak patut ditinggalkan. “Sepertinya, customer berburu mobil untuk menunjang lebaran. Agar bisa memiliki mobil baru,” imbuhnya.
Sementara itu, Marketing Manager Honda Mandalasena Malang, Daniel Devis mengakui, Mei lalu penjualan di tempatnya mencapai 130 unit. Sedangkan untuk bulan ini, hampir melampaui angka itu. “Kurang sepekan lagi, kami optimis bisa menjual 140 unit, karena permintaan sangat tinggi,” ujarnya.
Menurutnya, tahun lalu pun kondisinya serupa. Yakni penjualan mobil meningkat 10 persen ketika dua bulan menjelang lebaran, dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Tingginya minat ini akan berlanjut di bulan depan.
Honda Mobilio tetap menjadi favorit dari penjulan Honda, diikuti Honda Jazz dan Brio Satya. Amunisi tersebut, merupakan andalan Honda di tahun ini, diikuti dengan mobil middle up seperti CRV.
Terpisah, Kepala Cabang Daihatsu Jolo Abadi Malang, AA Gede Wisnu Putra mengakui, jika peningkatan mulai terjadi di bulan ini. “SPK lebih banyak ketimbang bulan lalu. Sekarang, sudah 120 SPK yang kami terima,” tandas dia.
Dia meyakini, Juni ini bisa menjual 90 unit Daihatsu, dengan unit andalan berupa Xenia, 50 persen diantaranya untuk unit tersebut.(ley/ary)