Maskapai Siap Sambut Lebaran

MALANG – Momen lebaran membuat segala sektor transportasi mengalami peningkatan permintaan penumpang. Hal tersebut juga berlaku untuk penerbangan, sehingga membuat maskapai seperti Sriwijaya Air bersiap menyambut momen tersebut dengan menambah extra flight mencapai dua kali untuk menunjang arus mudik dan balik masyarakat. Untuk penerbangan dari Jakarta ke Malang, maupun sebaliknya dari Malang ke Jakarta.
District Manager Sriwijaya Air Malang, M. Yusri Hansyah mengakui, bila penambahan tersebut melengkapi tiga flight yang sudah ada. “Selama lebaran nanti, ada lima penerbangan dari Sriwijaya, baik dari Abd. Saleh maupun dari Soekarno Hatta,” ujarnya.
Jika biasanya penerbangan Sriwijaya Air rute Malang – Jakarta di jam 08.10, 12.20, dan 14.20, maka extra flight yang rencananya berlaku mulai 24 Juli hingga 9 Agustus tersebut akan mengisi di jam pagi dan siang yaitu pukul 06.00 WIB dan 14.00 WIB.
“Masyarakat mulai mudik biasanya sekitar H-10 lebaran. Sebaliknya, untuk arus balik antara H+3 hingga H+10 lebaran. Extra flight dimulai pada H-5 hingga H+10,” jelas bapak tiga anak tersebut.
Menurut Yusri, puncak dari arus mudik kemungkinan akan terjadi pada H-7 hingga H-1. sedangkan, puncak arus balik diprediksi akan berlangsung mulai H+2 hingga H+7. Pada masa tersebut, booking tiket Sriwijaya telah di atas 90 persen.
Terpisah, Branch Manager Garuda Indonesia Malang, Agung Prabowo mengatakan bila pemesanan tiket kebutuhan lebaran sudah tinggi. Posisi saat ini untuk arus mudik sudah mencapai 80 persen dalam rentang tanggal 22-27 Juli mendatang.
“Tanggal 26-27 malah tersisa beberapa kursi saja. Kelas ekonomi ada dua atau tiga kursi tiap kali penerbangan, sementara untuk bisnis sekitar 10 kursi,” rinci dia.
Sebaliknya, untuk arus balik sudah tinggi pada tanggal 2-3 Agustus mendatang. “Sudah mencapai 80 persen untuk tanggal itu,” ujarnya. (ley/fia)