Sales Buku Islami Melesat Hingga 50 Persen

MALANG – Jelang lebaran, hampir semua sektor bisnis untuk kebutuhan umat muslim mengalami peningkatan omset. Tak terkecuali Toko Buku Bayakub yang meningkat hingga 50 persen untuk koleksi buku Islaminya.
Manajer Toko Bayakub Malang, Aris Gunawan menuturkan, bila peningkatan paling besar ada pada buku pendalaman agama. Beberapa koleksi yang diburu seperti buku tafsir, kitab kuning, buku akidah, kumpulan hadis hingga Alquran. “Permintaan buku dan Alquran sudah ramai. Rata-rata sales di tempat ini sudah naik setengahnya ketimbang bulan sebelumnya,” tutur dia.
Aris mengungkapkan, bila ramainya permintaan telah terasa sejak pertengahan Juni lalu. Sebab pada masa tersebut seperti musala, masjid, hingga TPQ sudah mulai bersiap melengkapi kebutuhan buku tersebut. Tetapi, ada pula yang membeli secara eceran.
“Bila instansi, belinya langsung dalam jumlah banyak dan lebih dari satu macam. Namun, ada customer yang membeli eceran juga,” beber Aris kepada Malang Post.
Menurut dia, masyarakat berburu buku tersebut untuk beberapa hal. Misalnya melengkapi koleksi, mengganti yang sudah mulai usang hingga untuk sumbangan. “Beberapa buku untuk bacaan ketika tadarus juga. Intinya, fungsi dari buku ini untuk membantu memperdalam pengetahuan Islam dan keimanan,” tambah dia.
Pria ramah ini menyebutkan, bila tren peningkatan ini akan terus berlanjut hingga dua pekan ke depan. Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, penjualan mulai menurun begitu memasuki minggu terakhir puasa. “Sepekan sebelum lebaran baru mulai menurun,” ujar Aris.
Dia menargetkan, untuk Juni-Juli ini omset meningkat 50 persen ketimbang bulan sebelumnya. Sementara, bila dibandingkan dengan periode jelang lebaran tahun lalu, Toko Bayakub menargetkan pertumbuhan sebesar 30 persen.
“Memanfaatkan momen target harus tinggi. Selain itu, minat masyarakat untuk memperdalam ajaran agama juga semakin besar, sehingga tidak heran bila penjualan meningkat,” pungkasnya. (ley/han)