Harga Daging Naik Tipis

MALANG – Hampir sepekan berlangsungnya bulan Ramadan, harga daging sapi mengalami kenaikan dan menembus Rp 100 ribu per kilogram di pasar tradisional, lebih tinggi ketimbang pekan sebelumnya. Salah satu pedagang daging sapi di Pasar Besar Malang, Djaelani menyebutkan, bila harga daging sapi naik antara Rp 3000-Rp 5000 per kilogram. “Harganya naik sejak sehari sebelum puasa lalu,” sebutnya.
Menurut dia, harga sebelumnya masih di kisaran Rp 95 hingga Rp 98 ribu per kilogram. Setelah kenaikan, ada beberapa pedagang yang masih menjual daging sapi seharga Rp 98 ribu per kilogram. “Terkadang, masih ada penawaran dari pembeli, sehingga kadang bisa lebih rendah. Kami juga tergantung besar atau kecilnya permintaan,” ujar dia kepada Malang Post.
Djazuli menuturkan, naiknya harga daging sapi itu akan terus terjadi hingga lebaran mendatang. Menurutnya, untuk harga diprediksi sulit turun hingga masa setelah lebaran. “Minimal tetap di harga ini tetapi bisa naik lagi,” tegasnya.
Menurutnya, untuk saat ini penjualan juga masih tergolong sepi. Sepekan terakhir baru menjual rata-rata 40 kg per hari. Belum ada peningkatan berarti dibandingkan dengan bulan normal. Sementara itu, Ketua Himpunan Pengusaha Muslim Indonesia (HIPMI) Malang, Abu Hasan menyampaikan kenaikan harga daging sapi di pasaran itu tergantung dari masing-masing pedagang. “Harganya memang terkadang berbeda di setiap pasar. Tetapi, dari edaran HIPMI patokan harga sebesar Rp 93 ribu per kilogram,” ujar dia.
Menurut dia, untuk saat ini masih belum ada revisi harga terbaru. Sebab, pasokan sapi juga terhitung memadai. “Sapi Brahman terhitung memadai untuk menyambut lebaran ini, sehingga harga lebih aman seharusnya,” papar dia panjang lebar.
Hasan menyebutkan, bila jumlah pasokan sapi di dua lokasi penggemukan sapi yakni di PT Santury dan PT Sapindo mencapai 5000 ekor. Dia meyakini, untuk memenuhi konsumsi daging di pasaran, tidak ada masalah dalam kurun waktu dua bulan ke depan.
Menurutnya, harga daging sapi di tingkat jagal antara Rp 90 ribu hingga Rp 92 ribu per kilogram. Sedangkan harga sapi hidup di patok Rp 36 tribu per kg untuk sapi Brahman.  Sementara, untuk harga daging ayam broiler di PBM kini masih bertahan pada harga Rp 30 ribu per kg. Menurut salah satu pedagang, Abdul Kodir, harga ini masih bertahan dalam kurun waktu sepekan terakhir. “Sejak jelang puasa lalu, harga bertahan lebih tinggi ketimbang harga normal di kisaran Rp 24 ribu hingga Rp 26 ribu per kg. (ley/han)