Fokus Otomatis Super Cepat ala LG G3

MALANG – Jika Samsung menambahkan sensor Heart Rate Detector di bagian belakang ponsel seri Galaxy S5 nya, LG pun tidak ketinggalan. Pabrikan asal Korea Selatan ini menambahkan sensor laser, pada ponsel barunya yakni LG G3. Meskipun sama-sama menggunakan kata sensor, namun kedua sensor ini bekerja secara berbeda. Sensor yang ditanamkan Samsung pada perangkatnya jelas, yaitu untuk mengukur detak jantung, dengan cukup menempelkan jari telunjuk, sedangkan sensor laser pada LG berfungsi untuk kamera.

“Kami menyebutnya Laser Autofocus. Ini merupakan teknologi baru yang diusung LG. Fungsinya adalah kecepatan untuk mencari titik fokus pada satu objek,’’ kata Promotor LG, Neni Kartika.

Neni menambahkan, dengan menggunakan teknologi ini, kamera 13 megapiksel LG G3 hanya membutuhkan waktu waktu 276 milidetik untuk mendapatkan titik fokus objek yang akan dijepret.

Bahkan, dia mengatakan jika kecepatan itu mengalahkan kedipan mata, yang rata-rata membutuhkan waktu 300 milidetik. “Artinya belum selesai berkedip, kamera G3 sudah mendapatkan titik fokusnya,’’ katanya.

Saat dicoba, kecepatan menemukan titik fokus dari ponsel seharga Rp6,5 jutaan tersebut memang sangat cepat. Fokus gambar langsung terlihat saat kamera diaktifkan. Fitur ini sangat menguntungkan saat memotret dalam kondisi terburu-buru.

Selain itu, kamera LG G3 juga mendukung optical image stabilization (OIS). Menggunakan teknologi tersebut, dikatakan gadis yang memiliki wilayah tugas di Erafone Mall Olympic Garden (MOG) ini membuat kamera 30 persen lebih stabil dibanding kamera ponsel pintar lain. “Meski kamera depannya hanya berbekal lensa berkekuatan 2.1 megapiksel, kami menjamin kualitas totonya lebih baik dibandingkan dengan kamera dari ponsel pintar lainnya,’’ urainya.

Selain itu kelebihan lain di kamera depannya, dikatakan Neni pengguna tidak perlu repot menyentuh layar saat ingin selfie. Yang dibutuhkan hanya membuka telapak tangan, di depan kamera, seketika itu kamera menemukan titik fokus, dan menjepret. “Telapak tangan fungsinya seperti self timer. Setelah kamera mendeteksi wajah, kemudian cukup membuka telapak tangan, untuk menjepret foto,’’ urainya.

Selain teknologi kamera yang keren, kelebihan lain LG G3 adalah layar. Neni menyebutkan, ponsel bersistem Android terbaru KitKat ini mengusung layar berteknologi quad high definition (QHD) seluas 5.3 inci, layar menciptakan resolusi 2.560 x 1.440 piksel dengan kerapatan 538 piksel per inci. Dengan resolusi tersebut jelas, secara interface perangkat ini sangat menakjubkan. Mata pengguna pun akan nyaman meskipun memandang layar berlama-lama.

“Untuk kinerjanya, ponsel ini didukung dengan prosesor Snapdragon 801 2,5 GHz yang dipadu dengan RAM 2 GB. Ponsel ini sudah mendukung Operating Sistem Android terbaru yakni 4.4 KitKar,’’ tambah gadis bertubuh kurus ini.  Berbeda dengan LG G2 yang tidak memiliki slot memory card, LG G3 dilengkapi dengan slot memory card yang mampu membaca memori yang berkapasitas hingga 128 GB, sedangkan untuk baterai, pabrkan menyertakan penyokong energi berkapasitas 3000 mAh. (vik/fia)