Parsel Mulai Diburu

MALANG – Jelang lebaran, bingkisan lebaran atau parsel menjadi salah satu buruan. Store pun tidak ketinggalan menawarkan parsel, dengan isian sesuai koleksi masing-masing. Seperti halnya Informa MOG Malang, yang menyiapkan sekitar 20 model parsel berupa peralatan rumah tangga dan telah menjadi buruan customer, terutama dari kalangan instansi.
“Informa ini koleksi parselnya pasti hardware. Seperti barang pecah belah, cook wear, hingga dinner set,” ujar Duty Store Manager Informa, Suparno.
Dia menuturkan, bila permintaan parsel mulai meningkat begitu memasuki bulan puasa. Terutama di awal bulan ini, beberapa instansi telah memesan parsel ala Informa.
“Semakin mendekati lebaran, permintaan meningkat. Tidak lagi satu paket, tetapi banyak,” jelas dia kepada Malang Post.
Dia mengakui, instansi memang menjadi sasaran utama Informa. Misalnya dari sektor perbankan. “Ada beberapa bank yang memesan parsel di sini untuk nasabah prioritasnya. Hal yang sama juga terjadi di tahun lalu,” tambahnya.
Suparno menguraikan, tahun ini Informa menargetkan peningkatan penjualan parsel mencapai 20 persen. Hingga kini, average permintaan parsel di kisaran 10-20 paket per hari. “Walaupun sudah terasa permintaannya, kuantitasnya masih belum maksimal. Tetapi pasti memuncak dua pekan jelang lebaran. Sekarang baru tercapai sekitar 15 persen dari target sales tahun ini,” papar dia.
Menurutnya, harga parsel di kisaran Rp 350 ribu hingga Rp 2 juta. Selain 20 model yang disiapkan, customer juga bisa meminta isian paket tersendiri dengan harga berbeda pula. Untuk saat ini, yang menjadi favorit parsel dengan harga di atas Rp 600 ribu tetapi masih di bawah Rp 1 juta.
“Isinya tergantung permintaan, by request customer bila memang tidak cocok dengan model dari Informa. Sementara, yang paling digemari dinner set, isinya banyak tetapi dengan harga yang rama,” urainya.
Suparno menambahkan, bila parsel hardware ini tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan hantaran berupa makanan ringan maupun bahan pokok. “Lebih tahan lama karena sampai lebaran berakhir barangnya pasti masih ada. Modelnya juga cantik. Buktinya, ada beberapa  model parsel yang sudah sold out,” pungkasnya. (ley/jon)