Libur Coblosan, Mall Kebanjiran Pengunjung

MALANG – Pusat perbelanjaan menjadi lokasi yang mengalami berkah berkat pelaksanaan Pilpres Rabu (9/7) kemarin. Lonjakan pengunjung terjadi hanya dalam waktu singkat pasca dimulainya jam operasional pukul 12.00 WIB.
Di Malang Town Square misalnya. Sejak sebelum pukul 12.00 WIB masyarakat mulai membanjiri untuk menikmati hari libur coblosan yang telah ditetapkan pemerintah. Sekliagus berburu kebutuhan menjelang lebaran.
“Sejak sebelum jam buka, sudah banyak yang menunggu. Mereka sudah menunggu setelah mencoblos,” ujar Marketing Communication Manager Matos, Rahayu Sasmita.
Dalam hitungan 3 jam, pengunjung membludak. Tercatat hingga pukul 15.00 WIB, 16.720 orang sudah memasuki pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Veteran tersebut. “Itu update tiga jam pertama,” ujar dia, kemarin.
Menurutnya, jumlah ini terus akan bertambah hingga memasuki jam berbuka puasa. Sebab, banyak pula yang menikmati waktu berbuka di food court Matos. Dia memprediksi bisa menembus angka 30 ribu pengunjung dalam sehari.
“Targetnya mencapai 30 ribu pengunjung. Sebab, saat liburan ini bisa dimanfaatkan untuk berbelanja kebutuhan lebaran, ada beberapa store yang memberikan penawaran spesial,” beber dia kepada Malang Post.
Misalnya di Matahari Department Store yang memberikan godaan berupa tambahan diskon bagi customer yang berbelanja dan menunjukkan jari bukti telah mencoblos. Tak pelak, Matos pun terlihat penuh sesak ketimbang biasanya, sekalipun perbandingannya di akhir pekan. “Parkir pun sejak jam 14.00 tadi sudah hampir penuh, baik motor maupun mobil,” sebutnya.
Terpisah, Promotion Staff Plaza Araya, Kusuma Priya Sasongko juga mengakui hal yang sama. “Sejak jam operasional dimulai, pengunjung lebih cepat berdatangan,” ujar dia.
Dia menuturkan, hingga sore hari jelang berbuka puasa, ada sekitar 2500 orang yang telah memasuki Plaza Araya. Jumlah itu masih belum ditambah setelah berbuka atau pada malam hari. “Selama Juli ini normalnya di angka 1800-2000 pengunjung saat weekday, dan 2000-2500 pengunjung ketika weekend. Hari ini sudah di atas rata-rata,” papar dia panjang lebar. (ley/aim)