Makin Gaya dengan Mio Fino

MALANG – Pabrikan Yamaha mencoba memaksimalkan penjualan salah satu unit motor matiknya, yakni Mio Fino dengan menggelar pameran di pusat perbelanjaan. Tidak hanya sekadar pameran, namun Yamaha mengusung tema Cafe de Fino untuk kedua tipe Mio Fino FI tersebut.
Melalui pameran, Mio Fino FI yang terdiri dari Fino Sport (Casual Sport) dan Fino Premium (Classic Sporty) tersebut ditargetkan bisa terjual lebih banyak ketimbang biasanya. “Penjualan Mio Fino selama ini masih sedikit. Tetapi, dengan model baru ini sudah meningkat peminatnya. Coba kami maksimalkan lagi dengan pameran yang nuansanya berbeda,” ujar Sales Yamaha SMS Gatot Subroto, Hari Gunawan.
Dia menyampaikan, pameran ini diikuti beberapa dealer Yamaha di Kota Malang. Setiap hari, yang berada di area pameran pun berganti. Bisa Yamaha Sentral, Yamaha SIP maupun Yamaha SMS.
Menurutnya, tiap diler juga memiliki target sales berbeda. Akan tetapi, rata-rata mematok target sales 10-15 unit. “Untuk jenis Mio Fino saja. Bila ditambah dengan yang lain, jauh lebih banyak,” beber dia kepada Malang Post.
Hari menyebutkan, target itu berdasarkan pengalaman dari beberapa kali pameran, memang terbukti efektif mengangkat sales dari motor yang cenderung diminati pecinta motor klasik tersebut.  Normalnya, penjualan dengan jumlah 10 unit bisa terjadi dalam waktu 1-2 minggu. “Ketika ada pameran, tiap dealer bisa menjualnya dalam waktu 3-4 hari,” tambahnya.
Sementara itu, Mio Fino merupakan matik Yamaha yang mengutamakan sisi artistik. Rata-rata user dari motor yang kini terdiri dari lima varian tersebut merupakan pecinta fashion. “Yang menunggangi Fino lebih mengutamakan sisi seni ketika mengendarainya,” tegas hari.
Varian Mio Fino FI yang telah disempurnakan dengan teknologi mesin Jet Fuel Injection (Jet-FI), terdiri dari warna hijau, biru dan merah untuk Mio Fino Casual Sport, serta merah delima dan hitam untuk Mio Fino Premium (Classic Sporty). Harganya dipatok Rp 15,75 juta untuk Mio Fino Sporty, dan Mio Fino Premium seharga Rp 15,9 juta.
“Selisihnya hanya sedikit. Akan tetapi, untuk yang premium lebih memungkinkan untuk ditambah aksesoris,” terang Hari.
Menurut dia, secara keseluruhan untuk Mio Fino FI kini lebih bergaya Eropa, dengan sentuhan ala Inggris dan Italia. Desainnya lebih elegant dan sporty. Terlihat pada lampu bagian depan yang berbentuk permata dan lampu belakang berwarna merah delima. Sementara, lampu samping membentuk daun dengan ukuran dua kali lebih besar. Pada bagian speedometer juga terlihat lebih sporty dan klasik. (ley/fia)