Jaringan Supermarket Warnai Mall di Malang

MALANG – Mall menjadi jujugan bagi masyarakat kota besar. tak hanya menawarkan tempat nongkrong, namun berbagai kebutuhan utama seperti sandang dan pangan terpenuhi di mall, apalagi Malang adalah kota dinamis yang memiliki penduduk sangat heterogen karena banyak para pendatang khususnya kalangan mahasiswa.
Masyarakat yang heterogen tersebut membuat jaringan ritel supermarket menjamur di Malag. Sebut saja, Hypermart yang masih satu jaringan dengan Matahari Department Store, ada pula giant yang memiliki sedikitnya tiga titik di Malang, belm termasuk Carrefour, Ramayana, hingga supermarket khusus buah bernama Superindo.
Keberadaan supermarket ini pun menjadi salah satu faktor pendukung meningkatnay okupansi mall, mulai dari Matos, MX Mall, Mall Olympic Garden (MOG), Plaza Dieng, hingga yang berada di ujung utara Kota Malang, yakni Plaza Araya.
"Keberadaan supermarket penting karena Plaza Araya adalah mall untuk warga Kota Araya. Kebutuhan sehari-hari mereka seperti perlengkapan mandi, makanan minuman, perlengkapan dapur dipenuhi oleh supermarket Giant yang ada di Plaza Araya," ungkap Promotion Staff Plaza Araya, Kusuma Priya Sasongko.
Menurutnya, kesibukan masyarakat membuat pola belaja menjadi berbeda. Jika masyarakat tradisional belanja setiap hari ke pasar untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, maka masyarakat modern kebanyakan memiliki waktu tertentu  yang dimanfaatkan untuk belanja kebutuhan sehari-hari selama satu bulan.
“Misalnya belanja sebulan sekali setelah gajian. Sekali belanja langsung dalam jumlah besar. ini dilakukan untuk efisiensi waktu,” jelas dia.
Kondisi tersebut juga didukung oleh supermarket yang rata-rata memberikan berbagai promo khusus saat akhir pekan. Mulai dari harga spesial hingga hadiah langsung. “Program akhir pekan yang cenderung menawarkan barang dengan harga murah membuat masyarakat menyerbu mall di akhir pekan baik untuk berbelanja maupun sekadar jalan-jalan,” pungkas dia (ley/fia)