Blade Makin Bertenaga dengan Mesin 125cc

MALANG – PT Astra Honda Motor (AHM), selama tahun 2014 ini perlahan mulai menyempurnakan semua unit motornya dengan menggunakan teknologi fuel injection (FI). Tak terkecuali Honda Blade, yang mulai menggunakan teknologi tersebut sejak April lalu dan menjadi salah satu alternatif untuk motor bebek (cube).
“Sudah tiga bulan terakhir Blade menggunakan teknologi PGM-FI. Selain itu, kapasitas mesin juga baru, lebih besar,” ujar Supervisor Promotion Mitra Pinastika Mulia (MPM) Malang-Blitar, Johnsen.
Kapasitas baru pada motor New Honda Blade FI yakni 125cc. Sebelumnya, Honda Blade masih mengenakan mesin 110 cc. Untuk mesin baru 125cc dengan PGM-FI ini, motor itu menghasilkan akselerasi dan kecepatan yang lebih baik, serta secara signifikan semakin menghemat bahan bakar.
“Perubahan ini untuk menjawab kebutuhan pecinta motor bebek yang mengedepankan performa berkendara namun tetap hemat bahan bakar,” ujar dia kepada Malang Post.
New Honda Blade 125 FI dilengkapi dengan mesin baru 125 cc, SOHC berteknologi PGM-FI, memiliki akselerasi tinggi, berperforma tinggi, serta tetap hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Mesin baru yang diusung mampu menghasilkan kecepatan maksimum yaitu 100,7 km/jam serta akselerasi 12,6 detik untuk menempuh jarak 0-200 meter. Konsumsi BBM yang dihasilkan pun lebih irit 36 persen dari model sebelumnya yaitu 61,8 km/liter (metode ECE R40) dengan menghasilkan emisi yang lebih baik dari standar emisi EURO 3.
Menurut Johnsen, New Honda Blade 125 FI hadir dengan aura balap yang kental dipersembahkan untuk para pecinta balap Honda yang aktif dan berjiwa muda. Model ini memiliki pilihan warna seperti tampilan Honda RC213V yang digunakan tim Repsol Honda saat berlaga di MotoGP serta pilihan warna tricolour yang terinspirasi dari DNA balap Honda.
Model terbaru tersebut memiliki lampu utama ganda yang dilengkapi multireflektor, memberikan jangkauan lampu lebih luas dan terang, serta berpadu dengan visor yang sporty. Tampilan ini disempurnakan dengan desain lampu sein terintegrasi, dengan inner lens yang menyatu pada lampu senja, serta sayap samping model 3 dimensi berlubang udara (air intake) yang aerodinamis.
“Inspirasi dari motor sport, dan knalpot sporti berlapis chrom menunjang tampilan bergaya ala motor besar,” sebut Johnsen kepada Malang Post.
Dari sisi fitur fungsional, New Honda Blade 125 FI kini semakin nyaman dipacu. Untuk kapasitas tangki BBM lebih besar hingga 4 liter. Tangki BBM kini juga dilengkapi tempat tutup tangki sementara (fuel cap holder) selama proses pengisian bahan bakar.
“Kapasitas bagasi juga lebih besar mencapai 7,3 liter, sehingga semakin memberi manfaat untuk menunjang aktivitas sehari-hari pengendara,” tambah bapak satu anak ini.
Sementara itu, dari sisi kenyamanan dan keselamatan, blok mesin New Honda Blade 125 FI dilengkapi dengan pelindung panas yang menyatu. Tak hanya itu, model ini juga dilengkapi pelindung rantai untuk menjaga agar tidak terlepas dan membahayakan pengendara.
Honda menawarkan dua tipe untuk motor ini. Pertama, New Honda Blade 125 FI S, sebagai  varian single disc brake dengan 2 pilihan warna, yaitu Winning Red dan Sporty RWB (Red White Blue).  Sementara itu, New Honda Blade 125 FI R sebagai  varian double disc brake dengan 2 pilihan warna, yaitu Winning Red dan Sporty RWB.
Menurut dia, New Honda Blade 125 FI ini untuk menyempurnakan varian motor cube favorit Honda, yakni Supra X 125 dan New Honda Revo.  (ley/fia)