Matik Italia Rambah Malang

MALANG – Pabrikan motor asal Italia, yakni Benelli mulai merambah pasar otomotif di Kota Malang. Motor yang menyasar kalangan menengah ke atas ini telah hadir sejak dua Juni lalu, dengan mengandalkan salah satu unit matik dengan kapasitas mesin 250 cc, yakni Zafferano.
“Benelli membuka show room di Malang baru sebulan lebih. Salah satu andalan kami selain motor sport yaitu motor matik yang terdiri dari dua pilihan kapasitas mesin. Zafferano 250 cc dan Caffenerro 150 cc,” ujar Kepala Cabang Benelli Blimbing Malang, Christian Surya Hartadi.
Menurutnya, potensi pasar di Malang untuk motor premium sangat besar. Sebagai bukti, sejak dua tahun kehadirannya di Indonesia, untuk motor matik tipe Zafferano pemiliknya sudah mencapai 40 orang. “Padahal motor ini belum dua tahun hadir di Indonesia dan harganya tergolong mahal, mencapai Rp 43 juta on the road Jatim,” beber dia kepada Malang Post.
Menurut Christian, selama ini user dari Benelli harus berburu ke Surabaya bila menginginkan koleksi motor tersebut. Kalaupun ada, pameran di Malang yang baru beberapa kali. “Peminatnya yang tinggi membuat Benelli ekspansi ke Malang. Untuk awal, minimal perkenalan keberadaan Benelli,” tambahnya.
Dia menjelaskan, khusus untuk Zafferano tidak sekadar motor matik. Mesinnya yang besar juga berpengaruh pada body. Tak pelak, motor ini memiliki berat mencapai 155 kilogram dengan bodi yang terlihat 1,5 kali lebih besar ketimbang motor matik pada umumnya.
Menurut dia, pengguna motor ini dipastikan merupakan pecinta mode. Pasalnya, Italia yang menjadi pabrikan motor ini juga dikenal sebagai negara mode dan karyanya pasti memperhatikan unsur tersebut.
Untuk spesifikasi, motor ini dilengkapi dengan double disc brake atau dobel cakram untuk bagian depan. Selain itu, mono shok depan belakang dan kapasitas bagasi yang besar. “Satu helm full face dan satu half face bisa dimasukkan berbarengan dengan bagasi. Untuk tangki BBM, berkapasitas 12 liter,” papar dia panjang lebar.
Pria ramah ini mengakui, fitur lain yang melengkapi kelebihan matik bongsor ini yakni adanya indicator suhu, baik suhu sekitar ruangan maupun suhu motor. Selain itu ada tambahan jam digital serta hazard untuk lampu darurat.
Christian memastikan, motor ini sangat nyaman dikenakan untuk touring. “Rata-rata user menyukai motor ini selain untuk bergaya, juga dipakai untuk touring dengan tingkat tantangan yang berbeda ketika mengendarai motor matik,” pungkas dia.(ley/ary)