H-7 Lebaran, Hotel Fully Booked

MALANG – Hotel di Malang mulai dipenuhi reservasi calon tamu yang akan menikmati libur lebaran. Tingkat hunian terpantau sudah tinggi, sehingga lebaran tahun ini diprediksi beberapa hotel akan penuh.
Assistant Public Relation Manager Atria Hotel and Conference Malang, Kadek Ayu Ery Ratnawati menuturkan, bila lebaran kali dipastikan menjadi berkah bagi perhotelan. Pasalnya, lebaran yang terjadi di awal pekan menjadi nilai lebih.
“Hari lebaran kan Senin, pasti sejak akhir pekan sebelumnya, antara Jumat-Sabtu (25-26/7) nanti sudah banyak tamu masuk ke hotel,” ungkapnya.
Dampaknya, tingkat hunian akan melonjak di akhir pekan ini karena jangka waktu liburan yang lebih lama. Bahkan, perhitungan sepekan ketika lebaran, room di Atria kini sudah terpesan mencapai 75 persen. “Akhir pekan kemarin saja sudah mencapai 75 persen, dan dimulai sejak H-2 hingga H + 2 lebaran,” beber dia kepada Malang Post.
Menurut dia, liburan yang panjang saat lebaran ini tidak hanya dimanfaatkan untuk silaturahim. Sebab, Malang yang memiliki kesan mendalam juga diyakini akan mengundang wisatawan untuk menikmati objek wisata di sekitarnya. “Selain bertujuan mudik, bisa jadi wisatawan memanfaatkan liburan ke Batu atau bahkan ke Bromo,” papar dia panjang lebar.
Hotel lain pun sama dengan Atria. Di Harris Hotel and Convention misalnya, untuk beberapa tanggal bahkan sudah fully booked. Yakni 29-31 Juli, sudah mencapai 100 persen.
“Untuk tanggal 28 Juli juga hampir penuh,” terang Marketing Communication Manager Harris Hotel and Convention, Nicky Olivia.
Dia meyakini, dalam dua hari ke depan, tingkat hunian lebaran bisa lebih tinggi lagi. Untuk menyambut tingginya okupansi, Harris menyiapkan paket Halal Bihalal. “Menyesuaikan momen, pasti banyak orang butuh lokasi untuk silaturahmi,” tambah dia.
Terpisah, Marketing Manager Santika Premier Hotel Malang, Panji Teguh menyebutkan, bila pada musim lebaran sudah sewajarnya hotel dipenuhi tamu. Di tempatnya pun, pemesanan kamar kini mencapai 85 persen saat lebaran. “Pasti tinggi, karena banyak yang mudik atau berkunjung ke keluarga. Jumlah fix sudah mencapai 85 persen akhir pekan ini,” ujarnya, kemarin.
Dia memprediksi, bila Senin-Selasa ini okupansi di hotel yang mengandalkan Teracota Café sebagai restoran itu akan melesat. Sebab, calon tamu dipastikan berlomba mendapatkan tempat tinggal ketika berlebaran mendatang. “Pasti dapat 100 persen, atau kurang sedikit. Sebab bila tidak cepat, awas tidak dapat kamar di hotel,” tandasnya. (ley/oci)