Pembeli Diberi Perpanjangan Waktu

MALANG - Sepekan jelang lebaran, pusat perbelanjaan (mall) mulai dibanjiri oleh pengunjung. Mall dan department store pun memfasilitasinya dengan menambah jam operasional agar waktu berbelanja customer lebih lama. Ini merupakan perpanjangan waktu kepada para pembeli menjelang hari raya.
Manager Ramayana Area Malang, Haru Pamungkas mengungkapkan, department store-nya buka satu jam lebih pagi ketimbang biasanya. "Mulai Sabtu (19/7) kemarin, Ramayana buka pukul 08.00 WIB," ungkapnya.
Menurut dia, jadwal buka Ramayana yang juga dikenal dengan Alun-Alun Mall itu pukul 09.00 WIB. Sementara, untuk jam tutup pun lebih malam ketimbang biasanya. Kini, Ramayana baru tutup pukul 23.00 WIB.
"Di hari normal, ketika tidak ada midnight sale selama sepekan kedepan kami tutup 1,5 jam lebih lama. Sebab, jam tutup kami seharusnya pukul 21.30," beber dia kepada Malang Post.
Dia mengakui, operasional yang lebih lama ini untuk memenuhi keinginan customer. Pasalnya, selama sepekan terakhir, average pengunjung Ramayana di angka 40 ribu per hari dan melesat ketika akhir pekan, bisa mencapai 50 ribu pengunjung per hari.
"Bila kami buka lebih lama, selain menguntungkan bisnis juga untuk memfasilitasi customer. Ketika ada midnight yakni hari Sabtu, kami tutup pukul 23.30," papar dia panjang lebar.
Untuk pengamanan, dia memastikan lebih ekstra agar customer merasa nyaman. Terlebih, kondisi yang padat lebih memungkinkan terjadi tindak kejahatan. Ramayana meningkatkan pengamanan dari karyawan intern dan ditambah standby petugas keamanan dari kepolisian.
Terpisah, Marketing Communication Manager Malang Town Square, Rahayu Sasmita menyampaikan, bila average operasional Matos tetap seperti hari biasa. "Masih belum ada penambahan operasional, kecuali tenant besar yang di dalam Matos, ada beberapa yang tutup lebih malam," ujarnya.
Menurut Sasmita, Hypermart dan Matahari, telah melakukan late night sale, sehingga tutup lebih malam. "Sejak tanggal 12 Juli kemarin sudah tutup hingga pukul 23.00 WIB," tambah dia.
Dia menuturkan, untuk yang lain beroperasi normal. Sebab, pengunjung pun sudah mulai berkurang ketika pukul 20.00 WIB.
Sementara itu, Promotion Staff Plaza Araya, Kusuma Priya Sasongko menjelaskan, operasional mall masih normal. Hanya store besar seperti Giant buka hingga tengah malam di akhir pekan.
"Giant Jumat-Sabtu lalu ada late night sale, dan berlanjut di Jumat - Sabtu pekan ini. Untuk tenant lain, ada beberapa yang turut buka lebih lama," jelasnya.
Sedangkan General Manager MX Mall Malang, Susapto Hadi menyampaikan, MX sudah bekerjasama dengan pihak keamanan. Sekalipun mall tersebut lebih sepi karena fokus dengan kuliner, dia memastikan ada peningkatan keamanan.
"Ya, harus lebih baik dan ketat ketimbang hari normal. Kami sudah koordinasi untuk hal itu, baik internal karyawan maupun bantuan dari luar," sebutnya.(ley/ary)