Penjualan Sajadah Meningkat Tiga Kali Lipat

MALANG – Selama kurun waktu satu bulan terakhir, store yang menyediakan perlengkapan salat seperti sajadah, mukena hingga sarung mengalami peningkatan penjualan. Salah satunya Bursa Sajadah Aarti Jaya di kawasan Kasin, Kota Malang yang berhasil menjual koleksi sajadah meningkat hingga 200 persen.
Kepala Toko Bursa Sajadah Aarti Jaya Malang, Doni Christian menyampaikan, bila momen Ramadan memang meningkatkan penjualan yang sangat besar. “Sejak Juni lalu peningkatan mulai terjadi. Di bulan Juli ini, penjualan meningkat tiga kali lipat untuk koleksi sajadah,” ujarnya.
Pria ramah ini mengakui, bila secara keseluruhan untuk penjualan sajadah antara 1000-1100 pieces per hari. Meningkat jauh ketimbang bulan normal, antara 300-400 pieces per hari.
Menurut dia, koleksi sajadah memang identik dengan store tersebut. Selain membeli secara eceran juga menerima pembelian grosir. Doni menyebutkan, salah satu koleksi sajadah yang paling digemari pada PM Sajadah dengan varian mencapai  40 macam.
“PM Sajadah ini merupakan koleksi lokal dari Bandung. Paling banyak terjual, sebab harganya murah tetapi kualitasnya bagus. Selain itu pilihannya paling banyak,” ujar dia.
Menurutnya, bandrol sajadah tipe ini mulai dari Rp 25 ribu. Tetapi, yang paling digemari pada pilihan harga Rp 35 ribu. “Customer membelinya jarang dengan jumlah satu pieces, tetapi antara 10-20 pieces,” beber dia kepada Malang Post.
Menurut Doni, pembelian dalam jumlah besar terjadi sebab customer berburu selain untuk dijual kembali juga dibagi. Misalnya untuk mushola atau panti asuhan. Juga untuk paket bingkisan lebaran, digabung dengan sarung dan aneka makanan seperti kurma dan cokelat.
Doni menambahkan, bila koleksi sajadah tidak hanya buatan lokal. Namun juga dari luar negeri seperti Turki. Bandrol harga mulai dari Rp 120 ribu hingga Rp 300 ribu per pieces. “Tetapi yang paling besar pada koleksi PM Sajadah, selain itu juga ada koleksi dengan bandrol antara Rp 50 ribu sampai Rp 90 ribu per pieces,” papar dia panjang lebar.
Dia menyebutkan, Bursa Sajadah Aarti Jaya juga memberikan potongan harga bila customer sudah menjadi member. “Sajadah bisa kena diskon 15 persen, tergantung kuantitas pembelian,” tandasnya. (ley/fia)