Budget Hotel dan Guest House Fully Booked

MALANG – Bisnis penginapan dipastikan mengalami lonjakan okupansi ketika momen lebaran. Tak terkecuali hotel budget di Kota Malang yang turut merasakan berkah peningkatan tamu saat momen yang berlangsung di akhir bulan ini.
General Manager Amaris Hotel Malang, Zainuddin menuturkan, bila di tempatnya menerima berkah lebaran pula. Pasalnya, selama sepekan ketika lebaran, pesanan kamar telah mencapai 97 persen.
“Antara tanggal 27 Juli hingga 2 Agustus, okupansi sudah mencapai 97 persen. Jumlah itu merupakan reservasi tamu sejak jauh hari,” ujarnya.
Malahan, ada sekitar tiga hari diantara tanggal tersebut tingkat hunian telah mencapai 100 persen. Hal itu juga membuktikan bila hotel budget juga menjadi alternatif ketika peak season seperti ini.
“Tidak jauh berbeda dengan hotel berbintang, hanya tidak ada beberapa fasilitas yang bisa ditemui di hotel berbintang. Bila hendak menginap lama, pasti lebih hemat,” papar dia panjang lebar.
Menurut dia, reservasi mulai tinggi di pertengahan bulan ini. Bahkan, sekitar 50 persen sudah berlangsung sejak bulan sebelumnya. “Kota Malang tetap menjadi daya tarik untuk berlibur, termasuk lebaran. Entah mereka liburan atau sedang mudik lebaran. Sehingga, banyak yang memesan sejak awal jauh hari,” beber dia kepada Malang Post.
Zain, sapaan akrabnya menyebutkan, karena tingginya okupansi itu, Amaris kini sudah menutup reservasi kamar melalui online dan travel agent. Sisa kamar yang ada ini untuk memfasilitasi tamu walk in ketika masa lebaran.
Amaris pun mengeluarkan paket spesial selama lebaran. Yakni Halal Bihalal package dengan harga Rp 55 ribu per pack. Pria asal Sidorajo ini menyebutkan, bila sudah ada beberapa tamu yang memesan paket tersebut untuk memeriahkan lebaran.
Terpisah, Assistant Director of Sales ibis Styles Malang, Intan Alice juga mengakui bila selama sepekan selama lebaran hotelnya penuh. “Tanggal 27-31 Juli, sudah 100 persen terpesan,” tegasnya.
Menurut dia, tingginya okupansi akan berlanjut hingga tiga hari pertama di bulan Agustus. Sebab, tanggal tersebut masih akhir pekan. “Tamu yang datang pasti memaksimalkan libur panjang ini,” terang Intan.
Tingginya okupansi pun berlaku pada guest house. Manager Lovender Guest House, Monica Dian Constantine menguraikan, hingga kini sudah 100 persen kamar terpesan di masa lebaran. “Tinggal sedikit saja, pasti di tengah pekan ini sudah banyak yang memesan,” urainya.
Menurutnya, hal yang sama juga terjadi pada guest house lain di Kota Malang. “Rata-rata sudah di atas 70 persen terpesan. Sebab, guest house tidak kalah nyaman dibanding hotel,” tukasnya. (ley/fia)