Kredit Konsumtif Meningkat, KPR Melambat

MALANG – Bank BTN Cabang Malang mengalami peningkatan penyaluran kredit konsumtif pada jenis Kredit Agunan Rumah  di bulan Juli. Peningkatan  mencapai 30 persen ketimbang bulan sebelumnya, dan menunjukkan tingkat kebutuhan masyarakat yang tinggi ketika menjelang lebaran.
“Dua bulan terakhir yang mengalami progres signifikan pada penyaluran kredit konsumtif. Seperti Kredit Agunan Rumah dan Kredit Payroll BTN,” ungkap Branch Manager BTN Malang, Muhammad Adrian Syahbandi.
Menurut dia, kredit tersebut mulai terasa peningkatannya sejak bulan Juni lalu. Pasalnya, pada masa itu, nasabah tengah membutuhkan dana. Misalnya untuk persiapan tahun ajaran baru dan berlanjut pada bulan Ramadan ini.
“Tidak heran, ketimbang penyaluran kredit yang lain, Agunan Rumah dan Payroll BTN pertumbuhannya paling besar. Apalagi di bulan ini,” beber dia kepada Malang Post.
Dia mencontohkan, kredit tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan dana kredit kecil, mulai dari Rp 10 juta. Tetapi ada pula yang jumlahnya besar, mencapai Rp 100 juta.
Menurut Adrian, pertumbuhan kredit konsumtif ini membuktikan bila masyarakat di Malang benar-benar mempersiapkan diri untuk lebaran. Seperti membeli kebutuhan fashion, melakukan perbaikan rumah, hingga memperbarui perabotan rumah tangga.
Dia menambahkan, berbanding terbalik dengan kedua kredit tersebut, KPR BTN justru mengalami perlambatan. “Untuk penyaluran KPR memang melambat apalagi di bulan Juli ini. Di bulan ini, nasabah lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan lebaran,” tambahnya.
Hal yang sama juga terjadi secara nasional. Seperti pasar properti yang tengah lesu berpengaruh pula pada penyaluran kredit. Secara keseluruhan, untuk periode semester pertama lalu, penyaluran kredit KPR mengalami pertumbuhan sebesar 20 persen. Angka tersebut lebih baik dari target sebesar 18 persen.
“Hitungannya masih sangat kecil bila dibanding tahun lalu. Selama semester pertama lalu, pencapaian penyaluran KPR di kisaran Rp 40 miliar per bulan,” tandas pria ramah ini. (ley/fia)