Pengunjung Mall Tembus 60 Ribu

MALANG – Pusat perbelanjaan (mall) menjadi target tempat berlibur bagi masyarakat di Kota Malang selama lebaran ini. Tak pelak, mall pun mengalami peningkatan traffic pengunjung, yang menikmati waktu liburan bersama keluarga saat lebaran tahun ini.
Direktur Malang Town Square, Fifi Trisjanti menuturkan, bila peningkatan kunjungan sangat kentara. “Bahkan, sejak sepekan sebelum lebaran lalu, trafficnya sangat tinggi,” tuturnya.
Menurut dia, sejak sepekan sebelum lebaran, traffic selalu di atas 45 ribu pengunjung per hari dan berlanjut hingga H+3 kemarin. “Sempat menembus 60 ribu pengunjung dalam sehari, dan membuat Matos tidak pernah sepi dan berjubel,” beber dia kepada Malang Post.
Perempuan yang juga Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Malang ini menyampaikan, angka kunjungan tersebut meningkat dua kali lipat lebih ketimbang hari normal. Menurutnya, normalnya pengunjung antara 25 ribu hingga 30 ribu penunjung per hari.
Sementara, bila dibandingkan dengan lebaran tahun lalu, lebaran ini diyakini Fifi juga lebih ramai. “Ada kenaikan sekitar 25 persen sejauh ini. Puncak liburan lebaran kan baru terjadi di akhir pekan ini,” tambahnya.
Dia mengakui, Matos menjadi area jujukan bagi keluarga yang hendak liburan di Kota Malang. Hasilnya, sejak pukul 12.00 WIB, dipastikan mall yang berada di Jalan Veteran ini mulai dipadati pengunjung. “Mulai siang hingga malam, pasti ramai,” tegas dia.
Terpisah, Promotion Staff Plaza Araya, Kusuma Priya Sasongko menuturkan, bila Plaza Araya juga mengalami kenaikan kunjungan. Sejak hari pertama lebaran lalu, maintenance pengunjung di atas 2000 orang per hari. Menurutnya, ketika normal, pengunjung antara 1500-1800 orang per hari.
“Ada peningkatan walau tidak sebesar jelang lebaran lalu yang menembus 3000 pengunjung per hari. Tetapi, sejak H+2 lalu mulai meningkat,” terangnya.
Priyo mengakui, di Plaza Araya tipe pengunjung cenderung bertipe berburu kuliner. Sebab, pilihan kuliner yang ada di mall tersebut kian lengkap ketimbang tahun sebelumnya.
Sementara itu, dari pantauan Malang Post di Mall Olympic Garden (MOG) Malang, terlihat kepadatan kunjungan pula. Hal ini membuktikan bila mall menjadi alternatif bagi masyarakat di Malang untuk menikmati liburan.(ley/ary)