Tenun NTT hingga Papua Bercita Rasa Tinggi

MALANG – Bila Anda berencana untuk menghabiskan momen libur lebaran di pusat perbelanjaan di akhir pekan ini, cobalah untuk menuju Mall Olympic Garden (MOG) Malang. Sebab, di sana tengah berlangsung pameran fashion tradisional dan aksesoris. Salah satunya, Erni Collection dengan koleksi fashion tenun yang etnik dan menarik.
Owner Erni Collection, Erni Zulkarnaen menuturkan, bila koleksi fashion item tenun di tempatnya menampilkan motif dari berbagai daerah. “Selain NTT, juga ada motif dari Bali hingga Papua,” tuturnya.
Erni menjelaskan, motif Papua menjadi salah satu andalan dari koleksinya. Hal ini berkaca dari keikutsertaan dalam pameran di beberapa kota lain, seperti Surabaya, Bandung dan Kediri. “Untuk pameran di Malang, memang baru pertama kali ini. Tetapi di pameran sebelumnya, motif Papua ini sangat digemari,” beber dia kepada Malang Post.
Erni menyampaikan, bila harga tenun motif Papua tersebut dipatok dengan harga Rp 850 ribu untuk model blazer. “Modelnya seperti blazer, tetapi cocok pula dijadikan fashion terusan untuk pergi ke kantor,” urainya.
Perempuan ramah ini menambahkan, motif Papua menonjolkan perpaduan warna gelap dan terang, serta gambar seperti burung dan rumah adat. “Warnanya yang terkesan kuat membuat motif ini digemari,” tambahnya.
Akan tetapi, dia memastikan bila motif lain tidak kalah menarik. Seperti khas NTT, dengan bahan wol, harganya dipatok Rp 550 ribu sampai Rp 750 ribu. “Fashion tenun memang lebih mahal, sebab nilai seninya tinggi,” imbuh dia.
Erni menyebutkan, rata-rata customernya berasal dari golongan menengah ke atas. Mulai dari pegawai kantoran hingga istri pejabat. Pasalnya, dengan harga yang terhitung mahal, fashion tenun ini kerap dijadikan buah tangan ketika berkunjung ke suatu daerah maupun dijadikan sebagai koleksi.
Dia menguraikan, tenun motif Bali yang juga diusung di pameran di Malang ini menampilkan corak warna cerah. Menurut dia, harganya dikisaran Rp 450 ribu, dengan nama Bali Rang-rang. (ley/fia)