Jaga Okupansi, Hotel Gener Diskon Kamar

MALANG – Bisnis perhotelan telah mencatat okupansi (keterisian kamar) yang tinggi selama liburan lebaran lalu dan meningkatkan okupansi di bulan yang berbarengan dengan Ramadan tersebut. Setelahnya, hotel harus beradu strategi di bulan Agustus ini untuk menjaga kestabilan bisnis ketika memasuki masa low season.
“Puncak liburan telah terjadi pada 1 Agustus lalu. Setelah itu, dipastikan kembali menurun,” ujar General Manager Secretary and Public Relation Santika Premier Hotel Malang, Yessi Puspitasari.
Menurut dia, selama bulan Juli lalu tingkat okupansi Santika mencapai 72 persen. Sesuai dengan prediksi, lebih rendah ketimbang bulan Juni lalu. “Sebelumnya mencapai 89 persen, karena masa liburan sekolah dan tidak puasa,” urainya kepada Malang Post.
Dia menuturkan, di bulan Juli yang 26 hari diantaranya merupakan bulan puasa, Santika tertolong dengan tamu yang berdatangan sejak sepekan sebelum lebaran hingga H+4. Setelah itu, trend kembali menurun di bulan kemerdekaan.
Antisipasinya, hotel mengeluarkan program tertentu agar bisnis tetap stabil. Menurut Yessi, di pekan pertama, hotel yang memiliki Kulala Bar tersebut masih mengandalkan Paket Halal Bihalal. “Masih banyak tamu yang butuh lokasi bersilaturahmi. Setelah itu, akan berlanjut dengan promo lainnya,” papar dia panjang lebar.
Untuk room, Santika memberikan penawaran dengan diskon mencapai 25 persen. “Kami berikan diskon besar untuk kamar, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti cara reservasi,” terang Yessi.
Sementara itu, Marketing Communication Manager Harris Hotel and Convention, Nicky Olivia menyampaikan, bila okupansi masih tinggi hingga pekan pertama. “Beberapa tamu masih menikmati liburan hingga akhir pekan ini,” urainya.
Di bulan Juli, okupansi Harris mencapai 65 persen dan lebih tinggi ketimbang periode yang sama 2013 lalu. Harris mencatat okupansi 100 persen antara 25-31 Juli dan berlanjut pada 1-3 Agustus mencapai 85 persen. “Di atas tanggal itu, sudah lebih dari 40 persen hingga tanggal 7 Agustus,” ujarnya.
Selanjutnya, Harris sudah mulai banyak reservasi hingga pertengahan bulan. Di bulan yang sama, hotel di sisi utara Kota Malang tersebut akan meluncurkan satu resto baru, yakni Harrisimo Pizzeria. “Resto pizza yang memasaknya spesial dengan menggunakan tungku kayu,” beber dia kepada Malang Post.
Selain itu, ada tambahan pula Harris Great Sale dengan harga kamar mulai Rp 399 ribu. Harga tersebut telah dipromokan di bulan lalu, untuk masa menginap hingga 31 Agustus mendatang.
Terpisah, Assistant Public Relation Manager Atria Hotel and Conference Malang, Kadek Ayu Ery Ratnawati menyampaikan, bila hotelnya close Juli dengan okupansi sebesar 65 persen. “Tetapi untuk paket buka bersama dan halal bihalal, sangat banyak peminatnya,” ujarnya.
Di bulan Agustus, Atria dipastikan meluncurkan program spesial kemerdekaan untuk menggoda calon tamu. Disamping itu, promo keluar kota juga makin dimaksimalkan, untuk menawarkan paket kamar dan conference di Atria. “Kami ada paket Zuper Deal, beli dua gratis satu. Harganya Rp 1,3 juta 3 malam,” tandasnya. (ley)