Tren Pembelian Emas Meningkat

MALANG – Selepas lebaran, masyarakat langsung menuju ke tempat toko perhiasan. Tetapi tidak untuk menjual emasnya, melainkan membeli emas. Selama tiga hari, sejumlah toko emas kebanjiran pembeli.
“Selepas lebaran atau awal pekan ini, ramai terus. Banyak yang beli emas,” ujar Pedagang Emas di Pasar Besar Malang, H. Hasan.
Dia menyampaikan, peningkatan ini terasa dengan berjubelnya pembeli sejak pagi hari. Bila diprosentase, terjadi peningkatan sales sekitar 30-40 persen bila dibandingkan dengan average bulan Juli lalu. Secara kuantitas penjualan barang, bila normalnya terjual antara 60-80 pieces per hari, kini selalu di atas 100 pieces per hari.
“Bahkan lebih dari itu. Semua teman-teman pedagang juga mengalami peningkatan penjualan,” beber dia kepada Malang Post.
Menurut dia, masyarakat lebih mengamankan dananya dengan berburu emas dan ini di luar dugaan. Pasalnya, banyak yang memprediksi masyarakat cenderung menjual emasnya selepas lebaran. “Sepertinya, kelebihan uang yang disiapkan saat lebaran sekarang diamankan,” tambahnya.
Selain itu, bila dilihat dari tipe pembeli, rata-rata datang dengan sang anak. Hal itu menunjukkan bila uang saku lebaran (galak gampil) dari sang anak dianjurkan oleh orang tua untuk diamankan dalam bentuk emas.
Harga emas sendiri dipatok lebih rendah ketimbang awal Ramadan lalu. Kini, emas 99 persen harganya Rp 484 ribu per gram. Sementara untuk emas 88 persen seharga Rp 440 ribu per gram dan emas 75 persen seharga Rp 390 ribu per gram.
“Untuk emas favorit masyarakat yakni emas muda atau emas 70 persen, harganya hanya Rp 360 ribu per gram. Sebelumnya di kisaran Rp 380 ribu per gram,” papar dia panjang lebar.
Hasan menambahkan, pilihan harga yang menjadi favorit masyarakat di kisaran Rp 1-3 juta. Harga emas di kisaran itu menjadi favorit dari masyarakat beberapa hari ini. “Meskipun ada yang di atasnya juga,” tambah Hasan.
Sementara itu, salah satu pembeli yakni Retnowati dari Kedungkandang menyampaikan, bila dia mengamankan dananya yang berlebih pasca lebaran. “Kemarin persiapan untuk lebaran dan ternyata masih sisa, lebih baik dijadikan perhiasan, daripada ikut terpakai,” terangnya.
Selain itu, dia berburu perhiasan untuk anaknya yang masih berusia di bawah dua tahun. Sedangkan dikutip dari situs logam mulia, emas Antam dipatok Rp 541 ribu per gram. Harga buyback emas sebesar Rp 476 ribu per gram.(ley/ary)