Market Share Xenia Sangat Tinggi

MALANG – Pabrikan otomotif Astra Daihatsu masih mengandalkan unit low multiple purpose vehicle (low mpv) sebagai penjualan terbaiknya. Unit bernama Xenia tersebut menyumbang 40 persen dari keseluruhan sales sepanjang 2014 ini dan membuktikan bila Xenia merupakan andalan dari Daihatsu dalam menjaring customer.
Kepala Cabang Daihatsu Jolo Abadi Malang, AA Gede Wisnu Putra menyampaikan, bila Xenia secara konsisten menjadi unit andalan Daihatsu. Sebab, sejak kemunculannya 10 tahun lalu, varian ini langsung digemari oleh user.
“Dari tahun ke tahun sejak 2004 lalu, memang Xenia langsung digemari user. Tidak heran, bila market sharenya sangat tinggi,” terangnya.
Wisnu menuturkan, Xenia bersaing dengan saudara tuanya yakni Toyota Avanza untuk merebut pasar. Di Malang dan sekitarnya, penjualan Xenia pun konsisten bila dilihat secara market share. Apalagi di tahun ini, penjualan Xenia terhitung stabil pula sekalipun bermunculan kompetitor di kelas serupa.
“Selama 2014 ini, average penjualan Xenia antara 130-150 unit per bulan untuk Malang DSK. Penjualan terbaik dari Daihatsu,” ujar dia kepada Malang Post.
Dia menyampaikan, kestabilan sales dari varian yang kini hadir dengan All New Xenia tersebut disebabkan oleh kualitas dan harga. Harga yang ramah di kantong diiringi dengan kualitas mesin sekalipun irit bahan bakar. “Pengakuan dari user ketika memilih Xenia karena iritnya,” tegas pria asal Bali tersebut.
Wisnu menambahkan, hal lain yang tak kalah menarik yakni program. Misalnya di tahun 2014 ini, Daihatsu menggelontorkan Gempita 10 Tahun Xenia dengan berbagai program yang berbeda tiap bulannya. “Seperti hadiah undian dan Maret lalu ada yang dapat dari Malang,” tambahnya.
Menurutnya, Xenia ini konsisten menjadi backbone Daihatsu, diikuti dengan varian lain seperti Ayla di tahun ini serta seri Gran Max yang pamornya juga terus meningkat.(ley/ary)