Pan Pacific Insurance Bidik Pasar Potensial Malang

MALANG – PT Pan Pacific Insurance mematok target nett premi sebesar Rp 550 miliar di tahun ini. Untuk mencapai target tersebut, perusahaan asuransi dengan membuka cabang di beberapa kota potensial di Indonesia, salah satunya di Malang yang menjadi cabang ke 20 Pan Pacific di seluruh Indonesia.
Marketing Director PT Pan Pacific Insurance, Cunyono Lijanto menyampaikan, Cabang Malang ini merupakan kota kedua di Jawa Timur. “Setelah Surabaya, Kota Malang kami anggap sebagai area potensial untuk ekspansi bisnis kami, setelah sebelumnya membuka di Yogyakarta,” ujarnya.
Dia menuturkan, Kota Malang melengkapi beberapa wilayah lain seperti Jakarta, Medan, Palembang, Pekanbaru, Bandung hingga Bali. Pan Pacific Insurance sendiri, telah berdiri pertama kali sejak tahun 2008 lalu.
Menurutnya, bisnis insurance dari Pan Pacific semakin mendapat kepercayaan dari nasabah. Seperti pada 2013 lalu, yang mana telah berhasil menghimpun premi Rp 380 miliar. Untuk tahun ini, pertumbuhan dipatok 30 persen.
“Dari target Rp 300 miliar, hasilnya sangat besar. Maka dari itu, tahun ini targetnya juga semakin naik,” beber dia kepada Malang Post, seusai pembukaan Kantor Pan Pacific Cabang Malang, kemarin (12/8).
Cunyono menyebutkan, bila hingga akhir Juli ini, penghimpunan premi sudah mencapai 50 persen. Menurutnya, beberapa faktor mempengaruhi perlambatan yakni suku bunga naik dan adanya dua kali pemilu. “Faktor itu berpengaruh pada minat nasabah untuk mengikuti asuransi,” jelasnya.
Dia menyampaikan, Pan Pacific Insurance merupakan perusahaan asuransi yang memiliki bisnis utama di sektor perlindungan kendaraan bermotor. Sekitar 60 persen premi didapatkan dari asuransi roda dua dan roda empat. Sementara, 20 persen dari instansi kesehatan dan sisanya dari sektor properti, kargo hingga alat berat.
Pria ramah ini menambahkan, untuk potensi dari ekspansi bisnis di Malang. Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, berdasarkan potensi diyakini bisa menyumbangkan sekitar Rp 2 miliar hingga akhir tahun.
“Tidak terlalu besar, sebab masih dalam masa perkenalan. Baru tahun depan pasti lebih besar, sebab kami bisa menyasar pasar hingga Pasuruan, Kediri, Probolinggo dan Blitar,” bebernya.
Sementara itu, dalam pembukaan Kantor Cabang Malang kemarin, hadir pula manajemen dari Jakarta seperti General Manager Claim Division, Justinus Adhi Utomo serta Head Off Malang Office, Imam B. Alwi. Ditambah dengan kolega dari bisnis leasing yang ada di Kota Malang. (ley/fia)