Tingkatkan Okupansi Lewat Promo

MALANG – Salah Satu bisnis karaoke di Kota Malang, yakni Charly VHT Family Karaoke memiliki tingkat okupansi sebesar 70 persen hingga akhir Juli lalu. Untuk tetap menstabilkan okupansi di tengah membanjirnya bisnis karaoke ditambah low season selama dua bulan ke depan, dihadirkan beberapa program untuk menarik tamu.
“Pelaku bisnis karaoke memprediksi bila Agustus dan September masih sepi. Bila tidak memiliki program khusus, bisa turun okupansinya,” ujar Operational Manager Charly VHT Family Karaoke Malang, Dolog Irawan.
Dia menuturkan, untuk Agustus ini mahasiswa masih sangat jarang di Kota Malang. Kalaupun ada pengunjung, masih didominasi oleh pendatang. Hal itu dipastikan mengganggu stabilitas tamu di Charly yang selama ini tamunya didominasi oleh kalangan mahasiswa dan keluarga.
“Untuk tipe tamu keluarga, juga masih slow down setelah keuangannya terkuras di masa tahun ajaran baru, Ramadan dan lebaran lalu. Tren bisa berlanjut hingga bulan ke depan,” papar dia panjang lebar.
Menurutnya, selama ini bila normal average jumlah transaksi di Charly di kisaran 100 transaksi per hari. Sementara, di bulan Agustus ini masih tergolong rendah, antara 60-70 transaksi per hari. “Kami memiliki beberapa program, untuk pelajar dan mahasiswa, PNS, serta klub otomotif,” beber dia kepada Malang Post.
Dolog menyebutkan, setiap hari Minggu, disediakan diskon sebesar 40 persen untuk golongan pelajar, mahasiswa dan PNS. Sementara, Selasa dan Kamis merupakan keuntungan bagi anggota klub otomotif, sebab terdapat potongan sebesar 60 persen. “Dengan program ini, targetnya Agustus ini bisa mencapai average 110 transaksi per hari,” sebutnya.
Menurut dia, karaoke dengan 21 room tersebut juga memberikan paket karaoke yang diiringi dengan buffet. Harganya, dipatok mulai dari Rp 950 ribu untuk 15 orang. “Saat lebaran lalu, bisa dijadikan lokasi halal bihalal juga. Selain itu, acara santai seperti arisan dan kantor,” tambah Dolog.

Pria ramah ini mengakui, dengan nominal tertentu, tamu di Charly juga berhak menerima keuntungan dengan bisnis lain yang bekerjasama. Misalnya akses ke Hugos Café, diskon Matahari dan potongan di Ria Djenaka. (ley/feb)