Genjot Peserta, BPJS Lirik Koperasi Ngantang

MALANG - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Malang telah mencapai penambahan kepesertaan sebanyak 21 ribu tenaga kerja hingga akhir Juli 2014. Jumlah tersebut tercapai 70 persen dari total target di tahun ini.

Tahun 2014 ini, BPJS Ketenagakerjaan menargetkan tambahan 30.000 tenaga kerja. "Masih kurang 9.000 tenaga kerja lagi untuk memenuhi target tahun ini," ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Sri Subekti.

Menurut dia, total kepesertaan sekarang telah mencapai 116.000 tenaga kerja. Sementara  keseluruhan target kepesertaan di akhir tahun nanti sebesar 125.000 peserta.

Untuk kepersertaan perusahaan, tambahan sebanyak 268 perusahaan sehingga kini telah mencapai 2.600 perusahaan. Kekurangan target kepersetaan perusahaan  sampai akhir 2014 mencapai 50 perusahaan.
Menurutnya, untuk memenuhi kepesertaan tenaga kerja, BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan langkah seperti menggandeng koperasi. Antara lain koperasi berpotensi di Kabupaten Malang seperti Koperasi SAE Pujon dan Koperasi Sumber Makmur Ngatang.
Dua koperasi ini memiliki potensi dari jumlah mitra yang besar.

"KOP SAE Pujon diperkirakan memiliki 6.000 mitra. Sementara untuk Sumber Makmur Ngantang mitranya mencapai 3000 peternak," jelas perempuan yang akrab disapa Betty tersebut.

Dia optimis untuk menjaring mitra dari koperasi lebih mudah, karena mereka mengetahui bahwa pelayanan BPJS Ketenagakerjaan sudah baik, terutama dalam hal pembayaran klaim. Pembayaran klaim terbukti cepat seperti yang dialami oleh anggota koperasi yang telah menjadi peserta.

Menurut dia, mitra kerja Koperasi SAE misalnya,  akan mengikuti tiga program, yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Menurut perkiraannya, akan ada 4000 peserta dari wilayah tersebut, bila dilihat dari mitra aktif koperasi. Selain itu, tempat lain yang coba dijaring seperti di daerah Malang Selatan. (ley/oci)