Lihat Foto, Ikuti Lombanya

Plaza Araya
MALANG – Jika anda termasuk penggemar fotografi, wajib mendatangi Plaza Araya di akhir pekan ini untuk melihat pameran foto dari Padepokan Sego Empok. Selain itu, Anda bisa mengikuti pula lomba foto on the spot berhadiah tabungan.
Ketua Pelaksana Pameran Foto Indonesia Sebuah Bingkai, Suprapto menyebutkan, bila pameran ini menampilkan 200 karya dari anggota padepokan dan umum. “Untuk foto dalam pameran, selaind ari Padepokan Sego Empok, juga ada dari rekan-rekan kami yang ingin memamerkan karyanya,” ujar dia.
Menurutnya, foto-foto tersebut tidak hanya dipajang. Namun, Anda bisa pula membelinya bila tertarik. “Sudah ada beberapa yang dibeli pengunjung. Tetapi, rata-rata mereka kolektor yang tertarik dengan cerita dalam foto,” papar dia panjang lebar.
Suprapto menuturkan, harga foto tersebut dipatok mulai dari Rp 500 ribu. Untuk sementara, foto paling mahal senilai Rp 2 juta. Menurutnya, bila Anda tertarik panitia akan menghubungkan dengan sang fotografer.
“Biar negosiasi sendiri. Tetapi, foto baru boleh diambil pasca berakhirnya pameran 24 Agustus nanti,” tambahnya kepada Malang Post.
Dia mengakui, untuk foto yang dipamerkan sebagian besar mengenai kebudayaan di Indonesia. Beberapa, juga bertemakan human interest dan sesuai dengan keadaan atau budaya di Indonesia.
Pria yang membawa lebih dari 10 karya dalam pameran ini juga menyampaikan, bila selama pameran juga berlangsung lomba foto on the spot bagi pengunjung. “Fotonya di seputaran Plaza Araya saja, dengan tema Human Interest. Maksimal, satu orang mengirimkan dua karya, dan tanpa editing,” terang dia.
Dia memastikan tidak ada pungutan biaya bagi yang bergabung. Sementara, hadiah yang diberikan berupa tabungan dari salah satu sponsor, yakni Bank BTN dengan total nilai Rp 1,5 juta.(ley/ary)