e-Payment System Permudah Akses BPJS Ketenagakerjaan

MALANG - BPJS Ketenagakerjaan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memfasilitasi kemudahan nasabahnya. Yakni dengan cara mempermudah pembayaran iuran dengan program e-Payment System. Melalui program ini, memungkinkan nasabah membayar hingga akses data transaksi dengan cepat.
"e-Payment System mempermudah pembayaran dan pendataan transaksi. Aplikasi ini sudah ada sejak semester satu tahun ini," ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Malang, Sri Subekti.
Sebelumnya, peserta BPJS ketenagakerjaan menggunakan Virtual Account System ketika melakukan pembayaran iuran. Tetapi, dengan EPS, lebih gampang meskipun virtual account hingga saat ini juga masih berlaku. Untuk virtual account, BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan empat bank yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan Bukopin.
Perempuan yang akrab disapa Betty ini menyampaikan, penggantian program pembayaran iuran ini dilakukan dalam rangka memenuhi amanat UU No 24 Tahun 2011 yang mengharuskan BPJS Ketenagakerjaan selaku lembaga pengelola dana jaminan sosial ketenagakerjaan untuk melakukan pemisahan aset BPJS dengan Dana Jaminan Sosial.
Sebelumnya dengan Virtual Account System, pembayaran iuran peserta masih belum terpisah secara jelas peruntukkannya. Proses pemisahan iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan Hari Tua (JHT) masih dilakukan sendiri oleh BPJS Ketenagakerjaan.
Melalui EPS, iuran yang dibayarkan akan langsung dipisahkan menurut programnya dan dilakukan secara self assesment oleh perusahaan itu sendiri. Sehingga mengurangi resiko kesalahan transaksi dan penghitungan yang terjadi.
“Bila demikian akan memudahkan perusahaan atau peserta, dalam proses perhitungan saldo yang menjadi haknya. Setiap saat peserta bisa melihat saldonya,” ujar dia.
Beberapa fitur dalam EPS seperti, e-Registrasi, e-Payment, e-JHT dan e-Claim. Jumlah pembayaran, cek saldo realtime dan simulasi pendapatan dalam setahun juga muda diketahui oleh peserta. "Ada simulasinya, sehingga peserta paham. Untuk klaim, juga dengan mudah peserta melengkapi persyaratan dan prosedurnya," papar dia panjang lebar.
Adanya EPS, juga membuat resiko antri peserta semakin berkurang. Sebab, segala sesuatunya sudah dikerjakan, dan tinggal validasi ke kantor BPJS, misalnya telah melakukan pembayaran.
Untuk saat ini, aplikasi bisa didownload di Playstore bagi pengguna Android dan i-Phone. Menurut dia, sosialisasi ke beberapa perusahaan telah dilakukan, terutama ketika sedang melakukan pertemuan. Sementara, peserta yang datang ke kantor pun juga mulai disarankan untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. (ley/aim)