Pameran, Pengenalan Koleksi Terbaru

MALANG – Pameran terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan furniture. Selain itu, pameran juga berfungsi untuk mengenalkan produk terbaru, termasuk pergeseran minat dari jenis produk setiap bulannya.
Owner Siantano Furniture, Rudi Oei menuturkan, bila pameran terbukti efektif mengenalkan produk baru. “Contohnya sekarang Siantano memiliki produk terbaru seperti satu set meja makan. Agar lebih gampang menjual, harus dikenalkan dulu via pameran,” tuturnya.
Begitu pula yang terjadi ketika menjelang lebaran lalu. Pameran intensif dilakukan di pusat perbelanjaan, seperti Matos dan Mall Olympic Garden. Hasilnya, furniture seperti sofa dengan model terbaru paling tinggi angka penjualannya.
“Kalau lebaran, otomatis permintaan furniture jenis sofa meningkat. Untuk itulah, produksi di Siantano juga lebih mengedepankan pada koleksi sofa hingga pertengahan tahun 2014 ini,” beber dia kepada Malang Post.
Menurut dia, Siantano bisa mengalami peningkatan sales hingga 20 persen ketika pameran. Jumlah yang sama juga terjadi ketika menjelang lebaran. “Pertumbuhan sales sekitar 20-30 persen, dan sangat tertolong bila meubel melakukan pameran. Sebab, customer akan melanjutkan datang ke showroom ketika berminat,” papar dia panjang lebar.
Sementara itu, salah satu meubel penyalur furniture dari Siantano, yakni Danysa Mebel mengakui tentang kelebihan dari pameran. Sebab, pada  saat tersebut, peminat dipastikan tinggi. “Dalam sehari, pasti ada prospek customer. Bisa lebih dari lima orang,” beber Sales Danysa Mebel, Septin Diloma.
Dia mengakui, dalam satu even, seperti yang saat ini berlangsung di Hall Plaza Araya, targetnya mencapai Rp 150 juta. Jumlah tersebut, dipastikan tercapai dalams satu pameran yang berlangsung selama 12 hari. “Patokannya 12 hari sebesar itu. Bila lebih lama, ya lebih banyak. Tetapi hasilnya pasti tercapai, bahkan sejak hari pertama pasti sudah ada transaksi,” urainya.
Septin menjelaskan, omzet akan semakin besar ketika pameran bertepatan dengan jelang lebaran. Bisa mencapai dua kali lipat dari pencapaian biasa. “Kalau pameran ini, kami optimis untuk mencapai Rp 150 juta,” jelas dia.
Untuk saat ini, setelah Lebaran berakhir, minat pembelian furniture mulai bergeser. Bila 1-2 bulan lalu dominan pada produk sofa dan kursi ruang tamu, kini mengarah ke koleksi yang lebih santai. “Meja makan paling diburu, baik pas pameran maupun di showroom,” ungkapnya.
Koleksi terbaru dari Danysa yang merupakan buatan Siantano, menawarkan lebih dari 10 model. Pilihan terbaru tersebut bervariasi, dengan bahan PVC, MDF, hingga Oscar. (ley/udi)