Hotel Bersolek Gaet Tamu

MALANG – Persaingan bisnis perhotelan di Kota Malang semakin ketat. Hal itu bisa dibuktikan dengan banyak hotel yang beroperasi beberapa tahun terakhir. Tak pelak, hotel pun mesti memiliki strategi untuk menggoda calon tamunya, seperti mengupgrade fasilitas dari suatu hotel.
Salah satunya Hotel Santika Premiere Malang. Tahun ini, hotel bintang empat tersebut mulai mengerjakan pembaruan pada sisi furniture di dalam kamar hotel.
“Beberapa perabotan seperti curtain gorden, divan dan matras secara bertahap mulai kami ganti,” ujar General Manager Secretary and Public Relation Hotel Santika, Yessi Puspitasari.
Menurutnya, program tersebut sudah berjalan sejak awal tahun. Hingga akhir Juli lalu, progres sudah mencapai 50 persen. Yang sudah diganti seperti divan dan gorden, tetapi belum secara menyeluruh.
“Divan kini sudah diganti dengan model terbaru. Sementara, untuk gorden kami merubah warna, agar terkesan baru dan fresh,” papar Yessi panjang lebar.
Dia mengungkapkan, pergantian ini juga pertama kali sejak hotel itu beroperasi, yakni 10 tahun yang lalu. Namun, pergantian yang dilakukan tidak merubah ciri khas yang selama ini dikenal oleh tamu Santika. “Intinya kami juga ingin memanjakan tamu dengan fasilitas terbaik ketika mereka menginap di sini. Selain itu Santika juga tengah menyiapkan perubahan untuk lantai di kamar,” beber dia kepada Malang Post.
Yessi menyebutkan, selain upgrade pada sisi furniture, Santika juga menyiapkan menu baru untuk resto dan cafénya. Dalam waktu dua bulan sekali, hotel yang memiliki Teracota Café tersebut akan membuat mengeluarkan menu baru.
“Untuk sisi food and beverages, juga tetap kami perhatikan. Ditambah lagi pelayanan kepada setiap tamu,” terang Yessi.
Dia menuturkan, dengan program tersebut Santika tetap optimis untuk menggapai tamu dan bersaing dengan hotel-hotel baru. “Targetnya, untuk tetap mencatatkan occupancy rates di atas 75 persen,” tambahnya.
Terpisah, Marketing Communication Manager Harris Hotel and Convention Malang, Nicky Olivia menyampaikan, bila bulan ini hotel tersebut menyiapkan satu tambahan bisnis baru. Yakni dengan adanya Harrisimo Pizzeria.
“Kami menyiapkan resto baru di akhir Agustus ini. Resto ala Italia ini untuk menarik tamu datang ke hotel,” beber dia.
Harrisimo Pizzeria direncanakan menjadi resto dengan model live cooking. Tamu resto atau hotel bisa merasakan memasak Pizza dengan model terbuka dan cara memasak dengan menggunakan tungku kayu. “Paling tidak, ketika tertarik dengan restonya, calon tamu datang dan lebih besar peluangnya untuk menambah okupansi,” tandasnya. (ley/oci)