Emas Masih Berkilau di Malang

MALANG – Trend berburu emas di Malang Raya masih tinggi hingga minggu terakhir Agustus ini. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan tingginya transaksi pembelian emas, ketimbang mereka yang melepas emas baik perhiasan maupun emas batangan.
“Hingga sekarang, penjualan kami masih tetap tinggi. Sementara, yang melepas emas di luar prediksi kami,” ujar Manager Logam Mulia Jewelry Malang, Benny Hartono.
Dia mengungkapkan, memang sudah ada yang mulai melepas. Tetapi, bila diprosentase masih sangat kecil. Penjualan di Logam Mulia sebesar 80 persen dibanding dengan customer yang melepas emasnya kembali yang hanya 20 persen.
Kejadian tersebut, diakuinya masih di luar prediksi. Sebab, bila berkaca pada pengalaman tahun lalu, sebulan pasca lebaran, emas sudah banyak yang dilepas demi mendapatkan dana tunai. Bahkan, tidak mencapai sebulan.
“Kalau tahun lalu, belum sebulan sudah banyak yang jualan. Sekarang masih banyak yang beli, dan kami mengalami peningkatan sekitar 30 persen,” beber dia kepada Malang Post.
Dia memprediksi, ramainya orang berburu emas, baik yang membeli koleksi secara langsung maupun dengan terlebih dulu memesan, masih akan terus berlanjut. Pemesanan tersebut, akan digunakan untuk acara pernikahan yang akan berlangsung antara November dan Desember.
“Bila melihat perhitungan bulan, masih ramai pemesanan. Tetapi untuk yang melepas, tidak bisa diprediksi,” ujarnya.
Terpisah, Pedagang Emas di Pasar Besar Malang, H. Hasan mengungkapkan, bila perburuan emas dari masyarakat belum berakhir. Terbukti, penjualan masih lebih banyak ketimbang pembelian.
“Emas sebagai investasi, sehingga setelah lebaran lewat satu bulan pun masih ramai. Yang jualan lebih sedikit,” terang dia.
Hasan menyampaikan, untuk saat ini fluktuasi harga emas masih tergolong stabil. Pasalnya, harga naik turun antara Rp 3.000- Rp 10.000. Harga emas, juga masih terhitung murah ketimbang prediksi. “Harganya masih turun, sehingga yang melepas juga berpikir ulang,” tambahnya.
Untuk harga emas, saat ini masih dalam jangkauan. Emas 99 persen dipatok Rp 488 ribu per gram, emas 88 persen dipatok Rp 450 ribu per gram dan emas 75 persen dihargai Rp 410 ribu per gram. Sementara, untuk harga emas paling favorit, yakni dengan kadar 70 persen terjangkau dengan harga Rp 365 ribu per gram.
Sementara, dikutip dari situs logammulia.com, harga emas dari PT Aneka Tambang (Antam) dibandrol Rp 541 ribu per gram. Untuk buyback dipatok Rp 471 ribu per gram. (ley/oci)