Home Theater Kuasai Sales Elektronik

MALANG – Pasar elektronik di Malang tahun ini tertolong dengan perubahan gaya hidup masyarakatnya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya beberapa item elektronik yang memimpin penjualan, seperti TV Plasma, LED TV hingga satu set home theater yang memimpin sales di store elektronik.
“Hingga akhir Juli lalu, paling tinggi angka sales pada jenis LED dan TV Plasma. Penjualannya sekitar 40 persen dari seluruh jenis elektronik,” ujar Store Manager Plaza Elektronik Blimbing, Pao Sugiyanto.
Dia menyebutkan, bila televisi tersebut menjadi favorit karena beberapa customer mulai memikirkan kenyamanan untuk melihat hiburan di rumah. Selain itu, ukuran yang beragam hingga di atas 60 inchi menjadi kelebihan tersendiri.
“Ukuran besar, bila dilengkapi dengan audio yang memadai, membuat acara nonton di rumah terasa istimewa. Rata-rata, customer memilih Plasma TV dengan ukuran di atas 50 inch,” beber dia kepada Malang Post.
Menurutnya, tidak jarang customer meminta satu set elektronik untuk membentuk home theater. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, permintaan set home theater meningkat sekitar 30 persen. “Tahun lalu masih belum begitu besar, tetapi tahun ini dari customer menengah pun sudah berburu,” tambah pria yang akrab disapa Sugik tersebut.
Dia menyebutkan, penjualan elektronik hingga akhir Juli lalu juga tertolong dengan adanya momen Piala Dunia, yang berlanjut dengan lebaran. Sehingga, tetap elektronik jenis TV yang paling mendominasi. “Secara keseluruhan, AC, lemari es dan mesin cuci tinggi angka salesnya antara Maret sampai Juni. Tahun ini, jualan tertolong televise,” tegasnya.
Terpisah, Manager Divisi Elektronik Hypermart Malang, Rajabuel Arief menuturkan, kondisi yang sama juga terjadi di Hypermart. “Sejak awal tahun, peminat berbagai pilihan elektronik jenis TV sudah mulai ada peningkatan, walaupun tidak besar,” tuturnya.
Menurut dia, selama semester pertama lalu sales bertumbuh 20 persen dibanding tahun sebelumnya. Dia mengakui, jika membaiknya sales elektronik ini dipengaruhi  momen Piala Dunia. Hal ini dibuktikan pula dengan penjualan LED TV dan kategori audio yang mendominasi penjualan sebulan terakhir.
“Ketika membeli LED TV atau TV Plasma, customer langsung melengkapi dengan audionya. Sehingga, sales pun sangat baik dan mendominasi, sekitar 50 persen. Jauh melesat disbanding tahun lalu yang masih di kisaran 35 persen,” ujar Arief. (ley/feb)