Tabungan Anak Tanpa Biaya Administrasi

MALANG – Dunia Perbankan terus berlomba memberikan tabungan anak yang menawarkan keuntungan untuk menggoda nasabahnya. Pasalnya, tabungan anak mengajarkan nasabah untuk melakukan investasi jangka panjang, serta memberikan pelajaran menyimpan dana bagi sang anak.
“Tabungan anak memberikan pelajaran bagi orang tua untuk lebih siap dan bijak ketika memiliki dana lebih. Keuntungan lain, berupa investasi untuk pendidikan anak,” ujar Pemimpin BRI Syariah Malang, Agung Wahyudi Rahardjo.
Menurut dia, di perbankan syariah, tabungan anak juga mengenalkan mengenai menabung dengan sistem syariah. Tak pelak, BRI Syariah memiliki Tabungan Impian, yang membuat orang tua mempersiapkan impian anak ke depan.
Tabungan ini diperuntukkan anak-anak yang belum memiliki KTP dan belum cakap hukum. Caranya, orang tua yang sudah memiliki tabungan di BRI Syariah membuat rekening untuk sang anak. Cukup dengan setoran awal Rp 50 ribu. “Nantinya, orang tua tinggal mengajarkan bagaimana agar anak memiliki kesadaran untuk menyimpan uang. Sebab, fungsinya lebih memudahkan untuk biaya pendidikan,” ujar dia.
Selain itu, Tabungan Impian untuk sang anak juga memiliki kelebihan pada sisi saving jiwa. Sebab, ada pengasuransian jiwa bagi sang nasabah. Menurut Agung, selama 2014 ini, jumlah nasabah Tabungan Impian untuk anak mencapai 2000 nasabah. Paling tinggi pertambahannya periode Agustus ini, dengan tambahan lebih dari 200 nasabah.
Terpisah, Customer Service BRI Malang Sutoyo, Fitri Eka Wardhani menuturkan, bila tabungan anak di BRI bernama Britama Junio. Tabungan ini merupakan bagian dari jenis Tabungan Britama. Secara otomatis, untuk membuka Britama Junio ini, orang tua harus terlebih dulu memiliki Tabungan BRI Britama .
“Britama Junio untuk anak-anak di bawah 17 tahun. Syarat bukanya hanya membawa foto copy KTP dari orang tua yang memiliki tabungan di BRI,” ujar Customer Service BRI Malang Sutoyo, Fitri Eka Wardhani.
Menurut dia, sebagai setoran awal nasabah harus menyiapkan dana sebesar Rp 250 ribu. Sedangkan untuk menabung selanjutnya, bisa mulai dari Rp 10 ribu. “Kalau untuk anak-anak, bisa menyisihkan dana Rp 10 ribu sudah bagus. Sebab, tujuan tabungan ini untuk mengajari anak untuk menyimpan uang lebihnya,” papar dia panjang lebar.
Yang menarik, rekening dan ATM dari Britama Junio menyesuaikan dari tipe nasabah. Sehingga, gambar yang dipilih seperti Tom and Jerry dan Superman. “Lucu, ketika sang anak yang masih SD misalnya sudah punya ATM dengan gambar Superman. Mereka bisa bertransaksi seperti transfer via ATM, atau mobile banking,” papar dia panjang lebar.
Perempuan berkerudung ini menyampaikan, bila Britama Junio bebas administrasi. Biaya sebesar Rp 500 per bulan hanya untuk kartu ATM. Nilai lebihnya, pemilik tabungan mendapatkan jaminan asuransi kecelakaan diri.
Fitri menyebutkan, pertumbuhan Britama Junio makin pesat. Tahun ini, sekitar 20 persen peningkatan telah terjadi. “Terlebih momen Agustus yang lepas dari lebaran, membuat pembuka rekening baru terus bertambah dari nasabah anak-anak,” tandasnya. (ley/feb)