Batik Warna “Berani” Makin Dicari

MALANG – Pesona batik khas Indonesia tidak pernah pudar. Termasuk batik dari Yogyakarta, yang beberapa tahun terakhir mulai meninggalkan kesan klasik, dan turut mengusung motif serta model yang modern, menyesuaikan perkembangan zaman. Hasilnya, pecinta fashion pun berburu batik Yogyakarta, baik yang tulis maupun cap.
Salah satunya pada koleksi Roona Batik, yang kini tengah mengikuti pameran di Atrium Mall Olympic Garden (MOG) Malang. Koleksi batik dari Yogyakarta, juga mengusung dress dengan warna berani seperti merah dan biru.
“Padahal sebelumnya, untuk Yogyakarta pasti kenalnya batik dengan warna gelap seperti coklat, hitam, biru tua atau putih,” ujar Sales Roona Batik, Ayu Suprapti.
Dia mengakui, untuk pameran kali ini salah satu koleksi terbaru dengan model long dress kantong besar. Pada bagian ini, batik klasik tetap menjadi pilihan, dengan teknik pembatikan berupa tulis. Batik tersebut, dibandrol mulai dari Rp 800 ribu.
“Untuk batik tulis, harganya memang lebih tinggi. Tetapi, bagi pecinta batik, harga tidak akan menjadi masalah,” papar Ayu kepada Malang Post.
Ayu menerangkan, long dress kantong besar ini membuat sang pemakai akan terlihat klasik, namun tetap elegan. Fashion ini tidak hanya cocok untuk acara seperti ke pesta saja, tetapi sangat anggun untuk dikenakan dalam acara semi formal maupun santai ke pusat perbelanjaan.
“Tidak jarang yang untuk dipakai ke kantor. Tinggal memadukan dengan blazer, sudah tampak resmi,” terang dia.
Dia menguraikan, untuk koleksi yang juga terhitung baru berupa blouse batik tulis. Warna klasik tetap menjadi pilihan dan bandrolnya sebesar Rp 600 ribu.
“Tetapi yang menarik, kami sudah memadukannya dengan bordir, agar tampil lebih hidup,” tambahnya.
Sementara, bila menginginkan warna yang lebih berani, juga tidak kalah menarik. Akan tetapi, tidak sebanyak koleksi yang klasik.
“Yang terbaru, lebih kontemporer juga, warna klasik berpadu dengan warna cerah ditambah dengan model bordir, harganya sekitar Rp 850 ribu,” pungkas Ayu. (ley/oci)