Kreasi Bumbu Nusantara di Festival Nasi Goreng

MALANG- Nasi goreng termasuk salah satu dari top 10 menu favorit pengunjung di Taman Indie Resto. Tak berlebihan jika kali ini dipilih sebagai menu spesial di bulan September. Tidak tanggung-tanggung, ada delapan olahan baru yang disuguhkan setiap harinya, sehingga total ada 16 pilihan yang bisa dinikmati pengunjung.
“Nasi goreng memang menu yang sederhana, tapi menurut sebuah survey, inilah hidangan terlezat di dunia setelah rendang. Dan setiap bulan selalu menjadi pilihan top 10 pengunjung di Taman Indie,” ujar General Manager Araya M Arwan kepada Malang Post ditemui di sela launching program Festival Nasi Goreng Taman Indie Resto kemarin.
Istimewanya lagi, pengunjung juga bisa melihat langsung proses pembuatan nasi goreng yang dipilih. Sebab Taman Indie sudah menyiapkan area khusus untuk open cook bagi para chef terbaik mereka. Area tersebut berada di bagian depan yang diberi nama Pawon Taman Indie. Karena menu nasi goreng dimasak langsung di hadapan konsumen, aroma gurih pun seketika membangkitkan selera.
Manajer Taman Indie Resto Nanang Wintoro menjelaskan spesial di bulan September ini, ada 8 variasi olahan baru yang disuguhkan. Olahan ini menampilkan kekayaan kuliner nusantara, mulai dari nasi goreng Jawa, Sunda, Bali, Semarang, Padang, Betawi, atau aneka pilihan rasa pedas yakni nasi goreng daging pedas atau lidah sapi.
Nasi goreng jawa diolah dengan daging ayam goreng disajikan dengan telur dadar dan emping. Rasanya khas karena ada sedikit campuran terasi. Yang unik adalah nasi goreng padang karena dicampur daging rendang sehingga mengingatkan dengan aneka masakan padang. Namun tentu saja tak mengurangi nikmatnya sepiring nasi dan daging rendang ditambah kerupuk ikan. Penyuka olahan pedas, wajib mencoba nasi goreng daging pedas yang disajikan dengan taburan lada hitam. Atau tantangan lebih pedas lagi bisa mencicipi nasi goreng Szechuan.
“Di setiap daerah bumbu yang dipakai tidak sama, misalnya Bali yang menonjolkan rasa pedas gurih, atau Semarang yang khas dengan nasi goreng hitamnya dengan paduan bumbu rawon,” bebernya.
Sementara aneka nasi goreng lainnya yang sudah lebih dulu ada di Taman Indie Resto seperti nasi goreng buntut, saudagar, szechuan, kepiting, bebek, nasi goreng merah, nasi goreng putih Hongkong, dan nasi goreng ikan asin. Menu nasi goreng memang sangat mudah dicari mulai dari kaki lima hingga restoran mewah, tapi yang istimewa hanya ada di Taman Indie Resto. (oci)