70 Persen Penjualan Honda dari Motor Matik

MALANG - PT Astra Honda Motor (AHM) semakin menancapkan diri sebagai kendaraan roda dua paling diburu customer. Baik secara nasional, lingkup Jatim maupun Malang-Blitar. Market share Honda diklaim paling tinggi ketimbang kompetitor dengan angka mencapai 71 persen.

"Dalam lingkup Malang-Blitar, market share kami sangat bagus. Hingga akhir Juli lalu, sudah lebih tinggi bila dibanding capaian akhir tahun," ujar Supervisor Promotion MPM Malang Blitar Johnsen.

Menurut dia, market share Honda hingga akhir 2013 lalu sebesar 66 persen. Di tahun ini, Honda mematok target mencapai 72 persen untuk menguasai roda dua di Malang Raya.

Dia merinci, bila motor matik masih menjadi penjualan terbaik. Sekitar 70 persen dari keseluruhan penjualan motor Honda berasal dari motor matik, Beat Series, Vario Series dan Scoopy. Sementara, motor sport menyumbang sekitar 20 persen dan sisanya dari tipe cube (bebek).
"Matik masih merupakan penjualan terbaik Honda. Sebab, semua kalangan cocok untuk mengenakan motor ini," beber dia kepada Malang Post.

Johnsen optimis, untuk sisa semester kedua ini penjualan akan lebih tinggi lagi. Target pertumbuhan 30 persen untuk keseluruhan sales selama 2014 optimis tercapai, dengan berbagai program yang digelontorkan Honda.
"Selain program, kualitas semua varian Honda tidak ada meragukan. Makanya, pertumbuhan juga tercatat signifikan," papar dia panjang lebar.

Secara nasional, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mengakhiri semester pertama tahun 2014 dengan mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin pasar motor nasional. Hal itu terjadi dengan raihan 62,3 persen pangsa pasar, melalui angka penjualan sebesar 2,6 juta unit. Pencapaian ini mencerminkan penerimaan masyarakat yang positif terhadap berbagai tipe motor yang dipasarkan Honda di setiap segmen.

Di segmen sport, penjualan motor sport Honda melonjak 30,3 persen setelah berhasil terjual 234.874 unit. Penjualan motor bebek Honda pun meningkat 9,7 persen dengan penjualan 513.465 unit. Sementara di segment skutik, AHM berhasil meningkatkan penjualannya 9,2 persen dengan total penjualan skutik Honda sebesar 1.876.789 unit. (ley/oci)