BRI Fokus Sektor Mikro

MALANG – BRI Malang Martadinata berhasil mengumpulkan dana pihak ketiga (DPK) dari sektor mikro mencapai Rp 900 miliar hingga akhir Agustus lalu. Catatan tersebut mendekati pencapaian akhir 2013 lalu, sebesar Rp 939 miliar.

Asisten Manajer Bisnis Mikro BRI Malang Martadinata Sugeng Suroto menyampaikan, pencapaian ini membuktikan bila sektor mikro sangat potensial.
“Sektor ini disukai oleh nasabah atau deposan, dan menjadi salah satu backbone pengumpulan DPK dari BRI,” ujarnya.
Menurut dia, secara prosentase simpanan dari sektor mikro yang didapatkan dari Simpedes ini mencapai 70 persen. Nasabahnya pun beragam, dengan jumlah tabungan yang ratusan ribu hingga ratusan juta.

Sugeng menyebutkan, BRI Martadinata memiliki unit kerja mulai dari pusat kota seperti BRI Unit Polehan, Sawojajar dan Buring hingga lainnya tersebar di sekitar Malang Selatan. Mulai sisi timur Unit Ampelgading, sisi paling selatan di Unit Sendangbiru dan Unit Pagak, serta di Unit Sumberpucung.

Dia optimis bisa menggapai pertumbuhan sebesar 20 persen yang menjadi patokan di tahun ini. Tersisa waktu sekitar tiga bulan kedepan untuk menggapai target.
“Target Rp 1 triliun dari sektor mikro pasti tercapai, sebab trend peningkatan simpanan terjadi di semester dua ini,” beber Sugeng, di sela-sela pengundian Simpedes BRI Malang Martadinata Semester 1/2014, Selasa (2/9) kemarin di Hotel Cakra Residence, Turen.

Trend peningkatan didasarkan pada posisi kantor kerja yang sebagian besar berada di wilayah Malang Selatan. Masa panen bagi nasabah, seperti panen tebu sudah mulai tinggi sejak Agustus lalu.
“Dua sampai tiga bulan lagi, merupakan masa puncak dan pasti dimanfaatkan oleh nasabah untuk menyimpankan dananya pasca panen,” papar dia kepada Malang Post.

Sementara itu, Pemimpin Cabang BRI Malang Martadinata, S. Hernowo menyampaikan, bila pengundian yang berlangsung kemarin merupakan bukti penghargaan BRI kepada nasabah setianya. Hadiah Undian Simpedes yang berlangsung tiap semester. Untuk Semester I tahun 2014 ini, hadiah utama berupa Mitsubishi Pajero Sport yang harganya di atas Rp 400 juta dan berhasil dimenangkan oleh nasabah asal Unit Wagir.
“Itu grand prizenya sesuai dengan kebutuhan nasabah. Bila 2013 lalu hadiah utamanya berupa rumah di semester pertama, dan Toyota Avanza untuk semester kedua, maka tahun ini jauh lebih menarik. Hadiah lainnya berupa 12 unit sepeda motor Yamaha Mio GT dan 44 unit LED TV,” tegas dia.
Sementara, di Semester 2/2014 mendatang, hadiah utama Simpedes akan beralih pada satu unit mobil Grand Livina X-Gear dan 23 unit Yamaha Mio. (ley/oci)