Gairahkan Sektor Pariwisata

MALANG – Maskapai penerbangan berbiaya murah, Citilink mencoba menggairahkan sektor pariwisata di Indonesia. Salah satu caranya dengan menggandeng hotel berjaringan internasional, yakni Best Western International untuk memberikan kelebihan tersendiri bagi penumpang pesawat dan menginap di jaringan hotel Best Western di Indonesia.
Sales Manager Citilink Malang, Indra Fajar menyampaikan, bila program kerja sama dengan Best West Western International ini berlaku secara nasional. “Programnya bernama Best Western-Citilink Boarding Pass Offer 2014. Efektif sejak 1 September 2014, sampai dengan 31 Desember 2014,” ujarnya.
Menurut dia, keuntungan yang akan didapatkan oleh penumpang Citilink yakni mendapatkan special rate untuk menginap di 12 hotel Best Western di Indonesia. Yakni Best Western Mangga Dua Hotel, Best Western Mega Kuningan, Best Western Hariston Jakarta, Best Western Grand Palace Kemayoran Hotel, dan Best Western Premier The Hive Jakarta. Tidak ketinggalan Best Western OJ Hotel Malang, Best Western Premier Sunset Road Kuta, Best Western Kuta Vila, Best Western Kuta Beach, Best Western Resort Kuta, dan Best Western Plus Makassar Beach.
Harga khusus untuk penumpang Citilink ini akan dipatok sebesar Rp 499 ribu nett per kamar. Tidak hanya sehari, harga tersebut berlaku untuk tiga hari dua malam. “Penumpang Citilink ke Malang, juga bisa memanfaatkan program ini. Sebab, di Malang sudah ada hotel Best Western. Harga murah pasti sangat menggoda,” tambah Indra.
Cara untuk mendapatkan special rates ini, tinggal menunjukkan boarding pass Citilink ketika datang ke Best Western. Satu boarding pass berlaku untuk satu kamar. Indra menambahkan, untuk penumpang Citilink yang datang ke Kota Malang, pasti sangat diuntungkan dengan program tersebut. Apalagi, penumpang Citilink juga menyasar kalangan menengah ke bawah, dan termasuk di dalamnya wisatawan. “Dana untuk menginap di hotel berbintang tetap bisa di keep untuk keperluan wisata. Pasti menumbuhkan load factor kami,” beber dia kepada Malang Post, kemarin.
Dia optimis akan mendapatkan peningkatan load factor antara 5-10 persen dengan adanya Best Western-Citilink Boarding Pass Offer 2014. Pasalnya, untuk kurun September hingga November, trend keterisian penumpang lebih rendah, di kisaran 75 persen – 80 persen. “Optimis tembus 80 persen – 85 persen. Sebab, wisatawan bisa memanfaatkan untuk melakukan kunjungan di periode promo,” tegasnya.
Sementara itu, untuk Agustus lalu, Citilink mencatatkan load factor mencapai 95 persen. Menurutnya, angka itu dipengaruhi trend pascaLebaran. “Hingga pertengahan Agustus, hampir selalu penuh dan hingga akhir bulan masih sangat bagus load faktornya,” pungkas dia. (ley/udi)