Hari Pelanggan Nasional, BPJS Siap Layani Spesial

MULAI DIMINATI: Banyak manfaat, kini peserta merasakan keuntungan mengikuti BPJS Ketenagakerjaan sehingga mereka mendaftar kepesertaan BPJS.

MALANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Malang telah menyalurkan klaim Jaminan Kematian (JKM) dari nasabah mencapai Rp 3,68 miliar hingga akhir Agustus lalu. Angka itu didapatkan setelah pada periode Agustus lalu, telah menyalurkan klaim JKM sebesar Rp 421,2 juta.
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Sri Subekti menuturkan, bila penyaluran JKM Agustus 2014 ini lebih rendah ketimbang bulan sebelumnya. “Bulan ini kami menerima 20 kasus dan mencarikan total Rp 421,2 juta,” tuturnya.
Sementara di bulan Juli lalu, penyaluran JKM mencapai Rp 525 juta. Sedangkan bila dibanding dengan bulan yang sama periode 2013 lalu, terjadi peningkatan hampir dua kali lipat. Sebab, Agustus 2013 lalu klaim JKM di BPJS Ketenagakerjaan hanya sebesar Rp 231 juta.
Hal ini menunjukkan manfaat pemberian jaminan bagi tenaga kerja. Sebab, resiko seperti kecelakaan dan kematian setiap saat bisa terjadi. Hingga akhir Agustus lalu, sudah ada 175 kasus kematian tenaga kerja yang mengikuti BPJS Ketenagakerjan. Sementara, selama 2013 lalu tercatat kasus kematian mencapai 273 peserta.
“Total klaim JKM yang kami cairkan selama setahun sebesar Rp 4,3 miliar. Pasti merasakan manfaatnya ketika mengikuti BPJS Ketenagakerjaan, baik program JKM, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) maupun Jaminan Hari Tua (JHT),” papar perempuan yang akrab disapa Betty ini.
Menurut salah seorang istri dari tenaga kerja yang sebelumnya diikutkan BPJS Ketenagakerjaan, yakni Emilia Mu’mila, sangat tertolong begitu terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. “Ketika suami saya mengalami risiko yakni meninggal akibat kecelakaan ketika berangkat kerja, keluarga mendapat manfaat,” ujarnya.
Dia juga merasakan tidak sulit ketika berusaha mencairkan klaim. Dana dari BPJS Ketenagakerjaan itu, akhirnya berguna untuk menyambung roda kehidupan pasca ditinggal sang suami.
Sementara itu, Kamis (4/9) hari ini, BPJS Ketenagakerjaan siap memberikan pelayanan spesial kepada peserta bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Sri Subekti siap turun langsung ke counter pelayanan jaminan. “Ibu Betty akan turun di counter pelayanan dan menunjukkan sikap pelayanan Prima dari BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Kabid Pelayanan, Zakiah.
Dia menyebutkan, Pelayanan Prima terdiri dari sikap professional, ramah, ikhlas, mutu dan antusias. Berlaku di pelayanan pendaftaran kepesertaan sampai dengan klaim jaminan. Sehingga, dengan pelayanan tersebut peserta akan merasa nyaman mendapatkan pelayanan di BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, karyawan juga akan berpenampilan khusus. “Kami akan tampil ramah dengan pakaian adat. Selain itu, peserta juga kami siapkan hadiah,” pungkasnya. (ley/adv)