Rebut Pasar Angkutan Chassis Panjang

MALANG- PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) meluncurkan varian terbaru New FUSO FJ 2523 (6x2) di segment medium duty truck, (3/9/14). Peluncuran ini sekaligus menjadi momentum kehadiran New FUSO di Indonesia. Varian ini hadir memenuhi kebutuhan angkutan dengan kapasitas angkut lebih banyak dan efisien, melengkapi varian FUSO yang sudah ada. Berlokasi di Sirkuit Sentul, Bogor, para tamu undangan diajak untuk berpacu dan merasakan langsung ketangguhan & keunggulan dari New FUSO FJ 2523 (6x2).
Kendaraan niaga di kelas medium duty truck didominasi oleh kendaraan pengangkut consumer goods & cargo. Tren permintaan pasar lebih mengarah kepada truk yang memiliki daya muat yang lebih besar dengan chassis yang lebih panjang. Pada awal Juni 2014 lalu, KTB telah meluncurkan Mitsubishi FUSO Super Long Series dan mendapat sambutan sangat baik di masyarakat. Sejak diluncurkan, market share Mitsubishi FUSO dari bulan Mei-Juni 2014 meningkat hingga 30 persen. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan pasar sangat besar untuk truk dengan kapasitas lebih besar. Menjawab kebutuhan tersebut, KTB kembali menghadirkan varian New FUSO FJ2523 230 PS, 6x2, Super Long sehingga konsumen mendapatkan beragam pilihan untuk menunjang kegiatan bisnisnya.
Peluncuran varian New FUSO FJ2523 ini secara simbolik diresmikan oleh President Director PT. KTB, Noboru Tsuji, bersama dengan Executive Marketing Director, Rizwan Alamsjah, serta Operating Marketing Director, Daisuke Okamoto. Pada kesempatan yang sama, rekan media beserta tamu undangan juga diajak untuk langsung merasakan ketangguhan New FUSO FJ2523 dengan melakukan test ride kendaraan truk di lintas Sirkuit  Balap Sentul dengan berbagai pola berkendara seperti ecodriving, kemudahan manuverabilitiy dengan radius putar yang minim walaupun memiliki chassis panjang.
New FUSO FJ2523 (6x2) memiliki spesifikasi yang cukup signifikan baik pada desain kabin yang modern & berkelas maupun pada teknologi yang diterapkan. Varian ini memiliki kekuatan mesin yang besar 230 PS, kapasitas angkut lebih besar, torsi terbesar di kelasnya 83 kg.m pada putaran rendah & putaran tinggi, biaya perawatan efisien, nyaman dikendarai untuk berbagai medan & jarak jauh.
New FUSO FJ2523 merupakan varian terpanjang di kelasnya, memiliki panjang chassis cab to end 9,407m dan total keseluruhan adalah 11,967m sehingga dapat menampung kapasitas muatan besar hingga 56.4m3. Varian baru ini siap menjadi idola baru pilihan investasi yang jitu & menguntungkan dengan harga yang ditawarkan berkisar  Rp 584.000.000 (off the road-Jabodetabek Area).
Pada awal kehadirannya, New FUSO FJ2523 (6x2) ini akan diimpor langsung dari MFTBC  berbasis produksi dan perakitan di India yang merupakan pasar global MFTBC untuk wilayah Asia.
Keunggulan yang ditawarkan varian terbaru ini adalah performa mesin, dilengkapi mesin diesel injeksi yang kompak dengan kapasitas 6.373cc, 230 PS memberikan tenaga yang dapat diandalkan. Sistem injeksi bahan bakar menggunakan Unitized Injection Pump berkapasitas tinggi dengan Turbo Intercooler membuat pembakaran bahan bakar menjadi optimal untuk efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih baik.
Tenaga puntir / torsi yang maksimal didapat pada putaran mesin yang rendah merata ke putaran tinggi 83 kg.m / 1.200 – 1.600 rpm Torsi maksimal yang besar didapat mulai putaran mesin yang rendah dengan interval yang panjang (flat torque curve) sehingga daya tahan mesin lebih yang merupakan  torsi terbesar di kelasnya.  
Menggunakan Unitized Injection Pump yang terpasang di setiap silinder mesin mampu bekerja secara individual dengan proses injeksi yang diatur secara elektronik. Teknologi ini mewujudkan efisiensi bahan bakar dan perawatan yang sangat mudah. Waktu dan tekanan bahan bakar selalu berada pada keadaan yang tepat dan uniknya mesin tetap dapat beroperasi walaupun salah satu pompa injeksi tidak berfungsi.
Kopling dengan diameter lebih besar 395 mm dan adanya 15 L Auxilarry tanki udara memberikan pengoperasian kopling yang lebih aman dan awet pemakaiannya.
Sudut bukaan kabin jungkit 67º memberikan ruang yang lebih luas ketika melakukan perawatan berkala serta adanya front panel yang mudah dibuka sehingga perawatan harian dapat mudah dilakukan .
Roda kemudi dengan material Polyurethane (PU) yang dilengkapi dengan fitur Tilt & Telescopic Steering menambah kenyamanan berkendara sehingga pengemudi tidak cepat lelah.
Jok dapat diatur tinggi, jarak dan kemiringan sudutnya serta kemudi yang juga dapat diatur tinggi dan jaraknya, dilengkapi juga dengan kabin tidur dan jendela belakang yang dapat dibuka-tutup
Engine Brake dengan Constant Throttle Valve & Exhaust Brake meningkatkan efisiensi pengereman sehingga keamanan terjamin
Wheel track depan yang lebar & ditopang Suspensi Parabolic dengan Stabilizer mampu meningkatkan kenyamanan berkendara. Sedangkan suspensi belakang yang berlapis dan tebal memberikan daya tahan yang tinggi pada kendaraan ketika mengangkut muatan berat.
Ukuran diameter dan lebar rem yang besar serta adanya Differential Lock meningkatkan keamanan berkendara
Interwheel differential Lock, teknologi yang mampu mengatasi slip pada roda sehingga membuat kendaraan lebih mudah dioperasikan ketika berada di lintasan berlumpur dan licin.
Full Air Brake System, yang merupakan sistem pengereman menggunakan angin yang aman dan dapat diandalkan, serta mudah perawatan
Panjang cab to end 9,407 m, dengan total panjang keseluruhan 11,967 m, TERPANJANG DI KELASNYA. Mampu menampung kapasitas besar hingga 56.4m3.
Shot Blasted Chassis Technology dengan ukuran yang lebih tebal membuat daya tahan chassis lebih kokoh.
Adanya indikator keausan kanvas kopling memberikan kemudahan dan kefektifan kondisi keausan kanvas kopling saat melakukan perawatan berkala & penggantian part.  
Interval penggantian oli yang lebih lama sehingga membuat biaya perawatan semakin murah
Dilengkapi dengan panel LED Multi Information Display yang memudahkan pengendara mendapatkan berbagai informasi penting ketika berkendara seperti jarak tempuh, kecepatan rata-rata, dan konsumsi bahan bakar dengan Variable Green Band Indicator membantu pengemudi berkendara pada pengoperasian yang efisien dengan pemakaian bahan bakar menjadi lebih ekonomis.
Hingga saat ini, KTB telah memiliki 228 jaringan penjualan dan lebih dari 4.500 part shop yang telah tersebar hingga ke pelosok daerah. Semua jaringan penjualan ini hadir untuk melayani pelanggan setia Mitsubishi, dan dengan kehadiran produk baru ini tetntunya KTB akan terus melengkapi layanan purna jual yang lebih luas agar konsumen bisa mendapatkan layanan terbaik.
Bagi konsumen yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut menganai varian terbaru ini, dapat mengunjungi dealer Mitsubishi terdekat yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, New FUSO FJ2523 juga akan dipamerkan pada ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) pada tanggal 18-28 September 2014 mendatang. (*/oci)